Anak Putus Sekolah Didata

Anak Putus Sekolah Didata

CE ONLINE - Bupati Lebong, Kopli Ansori mengintruksikan kepada Dinas pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Lebong untuk dapat mendata anak-anak yang putus sekolah. Hal ini untuk dibantu agar dapat meneruskan pendidikan kembali.

Menurutnya, masih banyak pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menegah Pertama (SMP) serta Sekolah Menegah Atas (SMA) yang putus sekolah ataupun terkendala ekonomi sehingga tidak mempunyai biaya untuk melanjutkan pendidikan kembali.

Dalam sambutannya Kopli Ansori didepan peserta sosialisasi Ujian Sekolah dan Asasemen Nasional Tingkat SD dirinya merasa miris mendapat laporan masih ada anak-anak wilayah Lebong yang putus sekolah. Padahal uang sekolah sudah ditanggung dana BOS, paling hanya biaya kebutuhan pakaian atau sepatu.

Untuk itulah, politisi PAN ini memerintahkan para Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Kepala Sekolah yang ada yang berada di Kabupaten Lebpng untuk segera melakukan pendataan.
”Jika mereka tidak bersekolah karena alasan ekonomi maka kita akan bantu mereka secara ekonomi agar mereka bersekolah. Dan jika secara ekonomi mampu untuk bersekolah namun tidak mau bersekolah maka orang tuannya kita panggil,” ujar Kopli.

Dan sebagaimana perlu ketahui Keinginan untuk memajukan dunia pendidikan di Kabupaten Lebong tersebut ialah bagian visi misi menuju masyarakat Lebong Bahagia Sejahtera, termasuk dengan memajukan sektor pendidikan di wilayah Kabupaten Lebong.

Lebih lanjut untuk itu Ia mengatakan nantinya pihaknya akan membentuk tim yang turun langsung di tengah-tengah masyarakat mendata anak yang tidak bersekolah dan putus sekolah agar dapat kembali menikmati pendidikan.
"Mendata penyebab si anak tidak bersekolah dan juga memberikan solusi supaya anak-anak putus sekolah itu dapat bersekolah kembali. Misalnya si anak menjadi putus sekolah karena ketiadaan biaya orang tuanya, maka tim bersama Pemkab Lebong akan mengupayakan biaya baginya.

Bayangkan jika banyak anak di Lebong ini yang tidak sekolah, bagaimana nasib mereka kelak, dan bagaimana mungkin Lebong akan bisa maju kedepan jika generasi mudanya banyak yang tidak berpendidikan," ungkapnya. (CE8)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI:

Sumber: