Kades Diminta Ikut Awasi Mobnas

Kades Diminta Ikut Awasi Mobnas

CE ONLINE - Mobil bantuan dari Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (KPDT) yang dibagikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perhubungan (PUPRHub) Kabupaten Lebong, Joni Prawinata, SE, M.Si mengingatkan para Kepala Desa (kades) untuk ikut mengawasi penggunaan Mobil Dinas (mobnas) bantuan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Jangan sampai sebaliknya, kades justru menguasai mobnas yang diperuntukkan membantu masyarakat desa itu.
”Ingat, mobil PDTT itu bukan kendaraan dinas kades. Sengaja kami menyampaikan peringatan karena dalam waktu dekat kami akan kembali mengecek pemanfaatan sekaligus kondisi seluruh mobil plat merah jenis pick up yang telah diserahkan ke 61 desa melalui OMS (Organisasi Masyarakat Setempat) itu,” katanya.

Jika ditemukan peruntukan mobnas tidak sesuai peruntukan atau salah pemanfaatan, maka sambungnya, dipastikannya DPUPRHub akan menarik mobil itu dan akan dialihkan ke desa lain yang lebih membutuhkan. Soalnya 32 desa lain di Lebong belum menerima mobil PDTT.
"Masyarakat juga harus mengawasi penggunaan mobil tersebut, jika ada yang menyalahgunakan, silahkan lapor dengan saya. Saya akan langsung tarik mobil itu, silahkan kalau mau lihat,” ungkapnya.

Sementara itu Kabid Aset, Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Lebong, Rizka Putra Utama, M.Si mengatakan, mobil PDTT tetap masuk aset bergerak milik Pemkab Lebong.
Lebih lanjut, dia mengaku adapun sejumlah mobnas PDT yang sudah terdeteksi akan segera ditertibkan. Ia berharap para pemegang kendis untuk kooperatif sebelum dilakukan tindakan tegas.
"Namun pemanfaatannya di desa diserahkan melalui DPUPRHub. Jika peruntukannya tidak tepat sasaran atau pengelolanya tidak mampu merawatnya, diwajibkan bagi OMS bersangkutan mengembalikannya ke DPUPRHub, " ujarnya. (CE8)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI:

Sumber: