Universitas Pat Petulai (UPP) Resmi Miliki Rektor Baru

Universitas Pat Petulai (UPP) Resmi Miliki Rektor Baru

CE ONLINE - Universitas Pat Petulai (UPP) Rejang Lebong, akhirnya memiliki Rektor baru. Ini setelah dilakukan pelantikan terhadap Hadi Suhermanto MPd sebagai Rektor UPP pada Jumat (21/5) kemarin.

Foto Bersama Rektor Baru

Kepada CE, Hadi Suhermanto MPd menyampaikan pasca pelantikan ini pihaknya sudah menyiapkan langkah dari tugas dan pekerjaan rumah (PR) yang diberikan yayasan tersebut, terutama untuk SDM. Dimana saat ini jajaran dosen dan menejeman UPP ada beberapa orang yang sedang menempus gelar doktor.
"Termasuk juga saya sedang menempus gelar doktor tersebut, dimana untuk Akreditasi kampus, kita akan mulai dengan melengkapi dokumen dan administrasi yang diperlukan untuk akreditasi tersebut pada BAN - PT, termasuk juga pihaknya juga akan mendukung dosen kampus untuk mulai menciptakan jurnal - jurnal ilmiah pada kampus yang unggul dalam prodi Sains Kopi," ungkapnya.

Disisi lain, Ketua Yayasan Pat Petulai Rejang Lebong Nopreza Wahyu Ardinasah SE ME memberikan PR yang besar untuk Rektor UPP bersama dengan timnya. Adapun yang menjadi PR besar yakni alih status akreditasi uiversitas tersebut. Dimana saat ini akreditasi lembaga tersebut masih menyanda akreditasi C. Dengan itu maka rektor baru ini miliki tugas untuk menaikan menjadi B.
"Untuk PR utama ini kita bebankan dalam langkah awal kinerja rektor muda dan baru kita ini," sampainya.

Dikatakannya, bukan hanya itu saja, namun rektor baru ini kita bebankan dengan tugas lainnya, yakni selain akreditasi juga peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada pada kampus tersebut.

Dimana seluruh dosen seluruhnya harus menjadi gelar doktor dimana saat ini ada 5 dosen yang sedang dalam proses mengambil gelar tersebut.
"Karena sesuai dengan intruksi pembina yayasan ini jadi langkah awal yang difokuskan terlebih dahulu," ungkapnya.

Ditambah dengan fokus pada Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) yang saat ini sedang berlangsung di Rejang Lebong, harus benar - benar dipromosikan, sehingga jumlah yang mendaftar ke UPP diharapkan lebih banyak lagi. Serta kedepan tugas pengembangan kampus UPP juga harus lebih dioptimalkan, dimana tolak ukur keberhasilan rektor sendiri ada pada jumlah mahasiswanya.
"Dengan itu silahkan star kerja, untuk memajukan UPP Rejang Lebong," terangnya.

Bukan hanya memberikan sejumlah PR utama dalam pemimpinan rektor UPP baru, namun pihak yayasan juga berkomitmen akan mendukung penuh apa yung dilakukan universita dalam memajukan dan mengembangkan UPP di Rejang Lebong. Dimana dalam hal ini dukungan yang diberikan dalam bentuk moril, materil dan spiritual.
"Apapun itu ketiga rasional, kita akan dukung penuhi kemajuan UPP," ujarnya.

Sementara itu Kepala LLDIKTI Wilayah II, Prof Yuliansyah, SE MSA PhD Akt CA menyampaikan, jika pihaknya selaku perwakilan pemerintah pusat akan memberikan dukungan yang spesial untuk kampus UPP tersebut.

Pasalnya UPP punya prodi yang spesial dan unggul, dimana prodi ini mendapat perhatian khusus dari Presiden RI Ir Joko Widodo, yakni Prodi Sains Kopi, yang satu - satunya S1 ada pada UPP.
"Jadi kedepan sendiri UPP bisa mengambil texline UPP kampus kopi," terangnya.

Menurutnya Indonesia adalah pengekpor dan penghasil kopi terbesar didunia, namun sayangnya tidak ada bidang pendidikan yang mempuni untuk membantu Indonesia untuk mengembangkan bidang tersebut, dengan adanya Prodi ini pada UPP maka menjadi angin segar untuk kemajuan bidang pertanian yang satu ini.

Pasalnya UPP sendiri didukung dengan hamparan pertanian kopi yang luas di Rejang Lebong untuk mendukung proses pembelajaran bidang tersebut yang bisa langsung diuji coba.
"Hal ini harus dimanfaatkan dan UPP harus menjadi rujukan indonesia apapun itu jika berurusan dengan kopi, bukan diri, buka potensi seluas - luasnya untuk perkopian di Indonesia, sehingga UPP menjadi lokasi untuk mereka yang ingin melakukan penerilitian terhadap perkopian, serta jangan mengkerdilkan UPP, jika dikelola dengan baik UPP menjadi kampus ternama dalam perkopian di Indonesia dan internasional, " jelasnya.

Adapun dalam arahan Bupati Rejang Lebong Drs Syamsul Effendi MM yang diwakil Sekdakab Rejang Lebong RA Denni SH MM yang juga dewan pengawas pada Yayasan Pat Petulai menyampaikan jika pemerintah Rejang Lebong juga mendukung penuh kemajuan dari UPP, dan manaruh harapan besar pada UPP untuk menjadi kampus ke banggan Rejang Lebong.

Adapun dukungan nyata dari pemerintah kabupaten Rejang Lebong sendiri, yakni telah memasukan salah satunya kemajuan UPP pada RPJMD Rejang Lebong pada tahun 2021 - 2026 mendatang.
"Nyata kita masukan pada RPJMD yang mana, satu desa dan kelurahan di Rejang Lebong akan kita berikan 1 kuota beasiswa masyarakatnya untuk kuliah dikampus UPP tersebut," ujarnya.

Dengan itu pihaknya terus ingin pihak kampus menjalin komunikasi yang intens pada pemerintah untuk maju bersama dan sinergi bersama dalam memajukan daerah dan juga kampus, dimana dalam hal ini pihaknya melihat jika kampus tersebut maju dan berkembang, maka Rejang Lebong akan terdampak secara ekonomi, dari sini ada sumber peputaran baru di Rejang Lebong.
"Intinya pemerintah mendukung penuh kampus UPP untuk maju dan berkembang, dukungan ini secara fisik, materil dan moril diberikan pemerintah," pungkasnya. (CE1)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI:

Sumber: