IAIN Curup Resmi Buka Prodi PPG, Segera Mulai Perkuliahan

IAIN Curup Resmi Buka Prodi PPG, Segera Mulai Perkuliahan

CE ONLINE- Kampus IAIN Curup dalam waktu dekat ini sudah memulai perkuliahan untuk Program Studi (Prodi) Pendidikan Profesi Guru (PPG). Perkuliahan prodi baru ini dimulai setelah adanya Surat Keputusan (SK) Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 441 Tahun 2021 perihal IAIN Curup diberikan izin penyelenggaraan Prodi tersebut.
""Dengan diberikannya izin dan pelaksanaan Program Studi PPG ini oleh Menteri Agama, seluruh civitas akademika IAIN Curup patut bersyukur, dan ini segera kita mulai," sampai Rektor IAIN Curup, Dr Rahmad Hidayat MAg MPd, kemarin kepada CE.

Adapun PPG sendiri adalah program pendidikan lanjutan bagi guru yang sedang menjabat atau lulusan S1/D4 yang tertarik berprofesi sebagai guru. Hadirnya prodi ini juga untuk memfasilitasi para guru dan calon guru untuk meningkatkan kompetensi, karena dengan mengikuti prodi ini maka mahasiswa akan mendapatkan sertifikat kompetensi mengajar.
"Seperti yang kita ketahui jika setifikat ini selain membuktikan, jika seseorang sudah berkompeten dalam mengajar, juga menjadi syarat mereka untuk mendapat tunjangan," ungkapnya.

Dengan adanya PPG sendiri selain terus meningkatkan kualitas dari Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai tenaga pendidik yang profesional, program ini juga bertujuan untuk mendorong kesejahteraan pendidik. Setelah menyelesaikan PPG, para guru diharapkan menguasai empat kompetensi, yaitu kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian.
"Kompetensi ini akan menunjang dalam profesi mereka sehari - hari," terangnya.

Disisi lain prodi PPG di IAIN Curup Prestasi yang sangat membagakan untuk Provinsi Bengkulu, pasalnya di Provinsi Bengkulu dan sekitarnya IAIN Curup satu - satunya kampus yang memperoleh izin penyelenggaraan program PPG tersebut. Adanya PPG di IAIN Curup selain menopang pembentukan kompensi tenaga pendidik di provinsi Bengkulu juga akan menompang beberapa wilayah lainnya.
"Dimana ada lima Provinsi lain yang juga mengirimkan gurunya untuk menjadi peserta PPG pada kamus kita ini, yaitu Provinsi Jambi, Lampung, Jawa Tengah, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Selatan," ujarnya.

Hal ini sendiri membuktikan secara nyata jika kampus IAIN Curup adalah kampus yang memfuni dan terus mengembangkan sayapnya baik secara nasional maupun intenasional. Setra hal ini juga semakin memperkuat dan mempertegas bahwa IAIN Curup adalah kampus yang berbasis moderasi beragama dan multikultural.
"Dimana dengan adanya ini kita berharap juga berdampak untuk Rejang Lebong yang lebih siknifikan, baik pendidikan dan perputaran perekonomian di Rejang Lebong," jelasnya.

Sementara itu Dekan Fakultas Tarbiyah, Dr H Ifnaldi MPd menjelaskan, jika secara teknis, prodi tersebut dalam waktu dekat ini akan dilaksanakan pertama tanggal 2 Juni 2021, yakni dengan jenis program PPG Dalam Jabatan. Adapun prodi tersebut menyasar para guru yang telah mengajar dalam jangka waktu tertentu.
"Prodi ini juga bukan hanya untuk Guru PNS, tetapi bisa dimanfaatkan untuk mereka yang honor, serta untuk biaya sendiri ini tidak dibenakan pada guru, melainkan menggunakan anggaran dari pemerintah, yang biasanya dari APBN dan APBD yang dibayarkan pada institusi penyelenggara PPG," terangnya.

Untuk yang pertama ini, mengingat peserta program studi PPG ini nantinya terdiri dari banyak Provinsi, maka proses perkuliahan akan dilaksanakan secara Daring dengan menggunakan aplikasi LMS (Learning Managemen System) yang telah disediakan oleh Kementerian Agama, mulai dari absensi perkuliahan, diskusi, silabus, modul, tugas dan penilaian sudah ada pada aplikasi tersebut.
"Terlebih saat ini juga masih dalam situasi pendemi covid 19," jelasnya.

Program PPG yang akan dilaksanakan oleh kampus IAIN Curup pada tahap pertama, yakni dari formasi guru Madrasah dengan jumlah 150 orang, yang terdiri dari 6 provinsi dan dibagi menjadi dua gelombang. Gelombang pertama 75 orang yang dijadwalkan perkuliahannya dimulai tanggal 2 Juni 2021, dan gelombang ke dua 75 orang lagi akan dimulai perkuliahannya pada tanggal 1 September 2021.
"Pertama kita akan mulai dari guru mandrasah ini terlebih dahulu, baru kita lanjutkan pada tahap berikutnya akan ada PPG guru PAI yang berada di bawah Kemendikbud pada tingkatan SD, SMP, SMA maupun SMK yang berjumlah 79 orang," ungkapnya.

Dengan adanya sejumlah PPG pada kampus IAIN Curup, diharapkan bisa terus berdampak pada kemajuan IAIN Curup, dan semangat untuk terus mengembangkan IAIN Curup yang lebih baik lagi, terlebih IAIN Curup menjadi Universitas Islam Negeri Curup, yang mana menjadi PR IAIN Curup mendatang ini. (CE1/PRW)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI:

Sumber: