PPDB Tingkat SD dan SMP Mulai 28 Juni

PPDB Tingkat SD dan SMP Mulai 28 Juni

CE ONLINE - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Rejang Lebong untuk tingkat SD dan SMP akan dimulai pada tanggal 28 Juni 2021 mendatang. PPDB akan dilakukan secara serentak untuk seluruh sekolah termasuk swasta.

Kadis Dikbud Rejang Lebong Khirdes Lapendo Pasju STTp, Melalui Kabid Pembinaan SD Deri Effendi SPd MM menyampaikan PPDB pada tahun ini, sistem yang digunakan sama dengan tahun sebelumnya. Yakni dilakukan per zona dimana akan dilakukan per Kecamatan dan berpatokan pada domisili terdekat, aturan ini juga sudah jelas dan akan diawasi dengan ketak mengingat dan mengantisipasi adanya siswa titipan.
"PPDB ini akan per zonasi dan kita akan pantau terus awasi," katanya.

Deri menjelaskan jika PPDB berdasarkkan zona sama dengan tahun sebelumnya, dimana per zona sendiri yakni pemertaan wilayah untuk radius sekolah, seperi contohnya jika siswa Curup Timur tidak dapat sekolah di kecamatan Curup. Dimana mereka dapat sekolah di SD dan SMP yang mereka ingin diluar kecamatanya dengan cara jalur prestasi.
"Serta sejuah ini hanya bisa mereka mendapat sekolah favorit dengan jalar prestasi seperti tahun sebelumnya," jelasnya.

Hal ini mengingat saat ini skema dari PPDB sendiri yakni 5% memalui jalur prestasi dan 5% kuota bencana, dan sisanya harus untuk kuota berdasarkan radius dari zona per kecamatan, sehingga dalam satu sekolah favorit juga bisa dimasuki siswa yang kurang pintar berdasarkan domisili mereka yang dekat dengan sekolah, sehingga seluruh sekolah dengan siswa yang merata ada pintar dan tidak.
"Jika selama ini untuk SMP yang favorit pasti dengan siswa unggulan, namun akan kita buat merata," terangnya.

Serta bukan itu saja pihaknya mengimbau pada sekolah untuk tertip dalam menjalankan PPDB nantinya, serta tidak melakukan kecurangan, dimana ada sekolah yang rawan dalam PPDB karena mereka ini favorit. memang sejak dulu sudah diminati, sehingga harus dipertegas jika sekolah ada yang menerima siswa titipan dari pihak manpun termasuk pejabat daerah, dimana jika memang didapati jelas akan ada sangsi yang diberikan.
"Jangan takut menolak dan kami Dikbud Rejang Lebong selalu siap dibelakang sekolah," pungkasnya. (CE1)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI:

Sumber: