Hama Ulat Serang Tanaman Kol

Hama Ulat Serang Tanaman Kol

CE ONLINE - Petani sayuran kol yang berada di Desa Sumber Urip, Kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong mengeluhkan serangan hama ulat. Selain ulat juga hama akar bengkak juga dikeluhkan petani didaerah ini. Disisi lain hama kol saat ini sangat berpengaruh pada produktivitas sayuran. Hal ini seperti yang diungkapkan salah satu petani sayur kol, Yanto (52).
"Rusak nak, kol disini banyak dimakan ulat daunnya pada berlubang dan menguning yang lebih parah lagi penyakit akar bengkak," ujar Yanto kepada CE, Minggu (4/7).

Yanto menjelaskan bahwa saat ini dia sudah melakukan penyemprotan untuk membasmi hama ulat. Hal guna mengantisipasi penyebaran hama yang lebih meluas.
"Alhamdulilah agak mendingan kalau saat ini, udah agak berkurang, karena kami lakukan penyemprotan secara berkala," jelasnya.

Disisi lain Yanto mengeluhkan dampak dari penyakit akar bengkak yang mengakibatkan produktivitas kol menurun.
"Saat ini yang paling parah penyakit akar bengkak, bikin kol tidak berkembang dengan baik bahkan bisa di bilang rusak," ungkapnya.

Saat disinggung mengenai perkiraan produksi saat panen, Yanto menghelas nafas panjang sambil mengatakan bahwa, Ia memperkirakan hanya dapat 3- 4 ton. Hal ini jauh dari saat kondisi sayur baik-baik saja yang bisa memproduksi sampai 25-30 ton dalam 3,5 bulan.
"Paling cuma 3-4 ton, jadilah untuk sekedar balikan modal tanam, kalau keadaan sayur baik, kita pernah panen sampai 25-30 ton per 3,5 bulan," ujarnya.

Hal senada di ungkapkan Atin (39) petani lainnya, bahwa saat ini hampir semua petani kol mengalami persoalan yang sama, berupa hama ulat dan akar bengkak.
"Kendala petani kol saat ini ya ulat sama yang paling parah itu penyakit akar bengkak," tegasnya.

Saat di tanya cara mengantisipasi permasalahan yang terjadi saat ini Atin hanya menjelaskan, bahwa kalau untuk ulat mereka hanya melakukan penyemprotan dan untuk penyakit akar bengkak, mereka hanya melakukan pembersihan berkala kepada rumput yg tumbuh di area sayuran.
"Kami cuma melakukan penyemprotan untuk membasmi ulat, kalau untuk penyakit akar bengkak kami hanya melakukan pembersihan rumput yang berada di area sayur," ucapnya. (CW2)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI:

Sumber: