Masjid Agung Siap Laksanakan Salat Id, Dengan Prokes Ketat

Masjid Agung Siap Laksanakan Salat Id, Dengan Prokes Ketat

CE ONLINE - Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Agung Baitul Makmur Rejang Lebong lakukan sejumlah persiapan jelang pelaksanaan salat Idul Adha 1442 Hijriah, yang jatuh pada Selasa (20/7) besok. Di sisi lain, dalam pelaksanaan Salat Id akan dilakukan dengan Protokol Kesehatan (Prokes) ketat.

Dengan mengimbau kapada masyarakat agar berwudhu dari rumah, wajib memakai masker, membawa sajadah pribadi, serta menjaga jarak saf merujuk pada imbauan penerapan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19.
"Saat ini kami selaku pengurus Masjid Agung tengah mempersiapkan segala sesuatunya, mengingat Lusa (besok, red) kita akan melangsungkan salat Idul Adha," sampai Ketua BKM Agung Baitul Makmur Rejang Lebong, Amran Duna kepada wartawan kemarin (18/7).

Berdasarkan permintaan Kapolres dan Kabag Kesra kemarin, pelaksanaan salat Idul Adha akan dilakukan di luar masjid. Hal tersebut dilakukan agar tidak terjadinya kerumunan di dalam ruangan tertutup.
"Sebelumnya sepakat dilaksanakan di dalam, namun kemarin ada perubahan. Pihak Kapolres dan Kabag Kesra datang kepada kami melakukan musyawarah. Hasil akhirnya salat Idul Adha dilakukan di halaman parkir masjid," ungkapnya.

Dirinya melanjutkan, adapun sarana Protokol Kesehatan (Prokes) yang pihaknya siapkan seperti tempat cuci tangan di beberapa titik. Kemudian untuk jarak antar saf, kurang lebih 50 centimeter.
"Dan apabila ada jamaah yang dirasa wudhunya batal, kami juga sudah sediakan tempat wudhu," katanya.

Sementara itu, untuk pemotongan hewan kurban Masjid Agung Baitul Makmur akan menyembelih tujuh ekor sapi. Yang mana itu akan dibagikan kepada masyarakat sebanyak 400 penerima daging kurban.
"Kami juga sudah bagikan kupon daging kurban sebanyak 400 kupon. Sasaran utama kami adalah masyarakat kurang mampu, pemulung dan tukang sapu jalan. Selebihnya masyarakat sekitar masjid," pungkasnya. (CW1)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI:

Sumber: