Lebong Penyuplai Beras Bulog

Lebong Penyuplai Beras Bulog

CE ONLINE - Dalam penyerapan bahan pokok beras yang dilakukan Bulog Rejang Lebong. Saat ini Kabupaten Lebong menjadi satu-satunya daerah yang menyuplaikan berasnya ke Bulog. Demikian diungkapkan Kacab Bulog Kebupaten Rejang Lebong, Ir. Guslindawati kepada wartawan CE, Jumat (3/9) kemarin.
"Dari tiga kabupaten yang ada dibawah cakupan kita, diantaranya Kabupaten Rejang Lebong, Kabupaten Kepahiang dan Kabupaten Lebong, hanya Lebong yang menjadi penyuplai beras hasil petani ke kita," ungkapnya.

Kepada CE dirinya menjelaskan, adapun alasan Kabupaten Lebong menjadi satu-satunya daerah penyuplai beras yakni karena hasil panen yang ada melimpah ruah. Menurutnya, dengan hasil panen tersebut maka daerah Lebong menyuplai atau menawarkan berasnya kepada Bulog.
"Alasan yang utamanya yaitu lahan persawahan disana yang memang sangat luas, jadi beras hasil panennya itu melebihi kapasitas daerah. Maka pada akhirnya beras itu didistribusikan keluar daerah mereka," jelasnya.

Kemudian jika dibandingkan dengan Kabupaten Rejang Lebong dan Kabupaten Kepahiang, beras hasil panen hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan di dalam daerah.
Selanjutnya Guslindawati mengatakan, adapun sistem penyerapan beras dilakukan melalui transaksi dengan pengepul atau Heller.
"Kita belinya dari mereka, bukan dari petaninya langsung. Bahkan sepengetahuan saya beras petani Lebong juga didistribusikan sampai ke Lampung," tandasnya. (CW1)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI:

Sumber: