Desa Mandiri Bertambah, Pencairan DD Hanya 2 Tahap

Desa Mandiri Bertambah, Pencairan DD Hanya 2 Tahap

CE ONLINE- Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) menyebut tahun 2022 mendatang, jumlah Desa Mandiri di Kabupaten Rejang Lebong bakal bertambah. Hal ini sebagaimana disampaikan Kepala DPMD Kabupaten Rejang Lebong, Suradi Rifai.
"Untuk tahun depan, ada 1 lagi yang akan menjadi Desa Mandiri," ujarnya kepada CE, Selasa (21/9).

Adapun 1 tambahan desa Mandiri, sebut Suradi yakni Desa Pahlawan Kecamatan Curup Utara. Dengan bertambah 1 Desa Mandiri, maka total Desa Mandiri yang ada di Kabupaten Rejang Lebong berjumlah dua desa.
"Karena sebelumnya, Desa Teladan Kecamatan Curup Selatan sudah lebih dulu menjadi Desa Mandiri," sampainya.

Lanjut Suradi, Desa Mandiri merupakan status desa yang diberikan atas penilaian yang dilakukan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi dalam indeks desa. Hal ini sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 205/PMK.07/2019 tentang Pengelolaan Dana Desa.
"Untuk Desa Mandiri, pencairan DD dari Pemerintah Pusat hanya 2 tahap. Dimana untuk tahap pertama itu 60 persen, sedangkan tahap kedua sebesar 40 persen. Pada tahap pertama paling cepat pada bulan Juni, dan kedua pada bulan Juli," katanya.

Sementara itu, kata Suradi untuk Desa lain diluar Desa Mandiri pencairan DD dilakukan dalam 3 Tahap. Tahap pertama sebesar 40 persen, tahap kedua sebesar 40 besar dan tahap ketiga sebesar 20 persen dari total anggaran DD yang diterima masing-masing desa.
"Dengan demikian, Kami berharap untuk tahun depan akan banyak lagi Desa yang berstatus Desa Mandiri. Sehingga proses pencairan DD juga bisa lebih cepat dari biasanya," pungkasnya.

Di sisi lain, untuk perkembangan pencairan DD hingga saat ini, diketahui masih ada 31 Desa lagi di Kabupaten Rejang Lebong yang belum melakukan pengajuan pencairan DD tahap dua. DPMD berharap kepada 31 desa yang belum mengajukan permintaan pencairan agar segera mengajukannya sehingga bisa digunakan untuk penyaluran BLT DD maupun kegiatan pembangunan, penyuluhan dan lainnya. (CE5)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: