Banjir di Jalan Suprapto Sudah Sering, BPBD: Itu Bukan Bencana

Banjir di Jalan Suprapto Sudah Sering, BPBD: Itu Bukan Bencana

CE ONLINE- Banjir di ruas Jalan Suprapto Kelurahan Talang Rimbo Baru sudah sering terjadi dan berulang-ulang. Sehingga kejadian tersebut tidak termasuk kategori bencana alam.

Demikian disampaikann pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rejang Lebong.
"Posisi air itu dari arah stadion Air Bang turun ke bawah, berhubung debit air itu besar dan di bawah ini drainase atau siringnya mungkin kecil atau kurang dalam, maka yang terjadi akhirnya air meluap ke jalan," ujar Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Rejang Lebong, M. Budianto ST MM melalui Kabid Tanggap Darurat, Don Aprisal dan Kabid Pencegahan dan Pengendalian Bencana, Andi Purwanto ketika dikonfirmasi calon wartawan Selasa (21/9) kemarin.

Dirinya melanjutkan, peristiwa banjir di area tersebut bukanlah hal yang baru melainkan sering terjadi setiap kali hujan deras melanda kawasan Kota Curup. Menurutnya, hal semacam ini tidak bisa dikategorikan sebagai bencana.
"Kenapa bukan termasuk kategori bencana, karena kejadiannya berulang-ulang. Dan juga sudah bisa ditebak alias diprediksi, bahwa setiap kali daerah itu diguyur hujan lebat maka positif banjir," sampainya.

Disamping itu banjir yang terjadi tidak hanya air yang tergenang, melainkan juga sampah. Dikatakannya, jika sudah berkenan dengan sampah maka ada dinas terkait yang lebih berwenang.
"Mungkin pihak DLH sudah sering memberikan himbauan agar masyarakat jangan membuang sampah di aliran siring, tapi kenyataannya kan masyarakatnya sendiri yang masih membandel," katanya.

Diakuinya juga bahwa masalah yang terjadi cukup kompleks. Terdapat sumbatan sampah pada drainase dan drainase yang tidak sanggup menahan debit air.
"Kami hanya bisa menghimbau agar jangan membuang sampah di drainase. Meletakkan barang-barang ditempat yang tinggi, dan meningkatkan kewaspadaan ketika hujan deras," paparnya.(CW1)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: