Pengurus PWI Provinsi Dikukuhkan, Ciptakan Wartawan Profesional dan Kompeten

Pengurus PWI Provinsi Dikukuhkan, Ciptakan Wartawan Profesional dan Kompeten

CE ONLINE - Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Bengkulu periode 2021 - 2026 secara resmi dilantik pada Minggu (26/9) kemarin. Pelantikan dilakukan langsung oleh Ketua PWI Pusat, Atal S Dapari. Dalam arahannya, Atal mengingatkan agar semua yang telah dilantik harus bekerja secara profesional dan kompeten.
"Kita meminta pengurus PWI harus menunjukan kinerja yang sunggu-sungguh dalam mengemban misi tugas pers. Bukan kritik-kritik saja yang disampaikan. Kalau kritik-kritik saja kerja kita nggak pernah selesai, tetapi kritik yang konstruktif," sampainya.

Dikatakanya, tugas pers kedepannya semakin berat dengan berbagai tantangan, salah satunya gencarnya perkembangan media sosialyang bekerja tanpa adanya kode etik. Selain itu, kasus Covid-19 membuat industri termasuk pers koleps.
"Saat ini tidak ada pers yang dianggap luar biasa, semuanya sama. Kerja wartawan sudah digantikan dengan media sosial. Untuk itu, kita menyakinkan bahwa pers tetap perlu dan harus tetap bangkit salah satunya dengan meningkatkan profesionalitas," ujarnya.

Menurutnya, PWI mempunyai 10 program yakni pedidikan dan pelatihan, dimana rogram ini sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi pers. Wartawan bukan hanya menulsi berita, tetapi juag harus bisa mengambil video dan membuat berita berdasarkan data.
"Media dan wartawan harus berubah. Jangan hanya menulis untuk online saja, 5 W 1 H.Tapi tidak pernah lagi belajar bikin feature dan opini. Itu bahaya," katanya.

Terpisah Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah mengharapkan, kehadiran pers dapat menjadi vitamin bagi masyarakat. Rohidin mengaku lebih membutuhkan kritik ketimbang pujian. Namun kritik yang disampaikan atas keterpanggilan tanggungjawab dan bentuk keperdulian bukan karena kemarahan.
"Kita berharap jajaran pengurus yang dilantik adalah orang-orang yang benar-benar berdedikasi dan mempunyai kompetensi serta memegang kode etik yang baik," katanya.

Sementara itu, Ketua PWI Provinsi Bengkulu, Marsal Abadi mengatakan program utama PWI kedepannya adalah peningkatan kapasitas jurnalis yang tergabung dalam kepengurusan PWI melalui berbagai pelatihan. Program-program lama seperti pelatihan dan UKW akan dilanjutkan.
"Dengan berbagai program pelatihan itu, kita ingin mencetak jurnalis yang berkualitas," pungkasnya. (CE2)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: