Bangun Perpustakaan Digital

Bangun Perpustakaan Digital

CE ONLINE - Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Kepahiang tengah menyusun strategis untuk meningkatkan minat baca dikalangan pelajar dan mahasiswa. Terobosan yang akan bangun Perpusda Kepahiang, diantaranya penyediakan fasilitas Perpustakaan berbasis digital untuk memudahkan dan mempercepat akses layanan baca.

Kadis Perpusda H. Muhdi, M.Pd mengungkapkan, dimasa pandemi covid-19 pemerintah daerah perlu mengoptimalkan peran perpustakaan, termasuk mengembangkan perpustakaan berbasis digital.
"Terutama perkembangan era teknologi, jangan sampai perpustakan dan minat baca masyarakat menurun karena kepopuleran teknologi ini. Maka dari itu kita ingin memanfaatkan perpustakaan digital sebagai upaya meningkatkan minat baca, sementara wacana dan program ini akan dikoordinasikan ke Perpusnas," ucap Muhdi.

Menurut Muhdi, perpustakaan digital diyakini mampu meningkatkan minat baca masyarakat lantaran akan memberikan akses yang lebih cepat dan terjangkau. Oleh karena itu, menurutnya, perlu ada upaya peningkatan penggunaan teknologi sebagai salah satu lengkah otomotisasi akses informasi untuk masyarakat. Melalui perpustakaan digital ini pula diharapkan menciptakan akurasi, kecepatan dan kelengkapan sebuah sistem yang terintegrasi sehingga memudahkan masyarakat untuk memilih koleksi buku bacaan.

Masih dikatakan Muhdi, perpustakaan merupakan salah satu faktor penting di dalam penunjang informasi untuk masyarakat. Sementara dimasa pandemi covid-19 berdampak pada sepinya pengunjung ke perpustakaan daerah.
"Dengan adanya Perpustakaan Digital diharapkan minat baca masyarakat kembali tumbuh," tukasnya. (CE7)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: