Sekda: PDAM Tanpa Penyertaan Modal

Sekda: PDAM Tanpa Penyertaan Modal

CE ONLINE - Sekretaris Daerah Kabupaten Kepahiang Zamzami Zubir, SE, MM, menegaskan jika sampai dengan hasil pembahasan APBD Perubahan 2021 yang diagendakan akan disahkan pagi ini. Diketahui dalam pembahasan TAPD dan Banggar, belum menganggarkan adanya rencana penyertaan modal Pemerintah Kepada Perusaaan Daerah Air minum (PDAM) Tirta Alami Kepahiang.

Selain persoalan keterbatasan anggaran belum adanya penyertaan modal ke PDAM Kepahiang, dikarenakan rencana Pemkab Kepahiang merubah PDAM Kepahiang mnjadi Perumda. Pernyataan ini disampaikan Sekda menjawab pertanyaan wartawan terkait rencana awal adanya pembebasan lahan untuk pembanguan bak penampungan air milik PDAM yang empat diwacanakan dengan tujuan untuk menyehatkan perusahaan itu yang saat ini tengah mengalami krisis keuangan dan diambang kebangkrutan.
"Kami rasa belum perlulah kita menganggarkan pembebasan lahan untuk PDAM pada pembahasan APBD Perubahan 2021 ini, pertama alasannya kita saat ini juga tengah mengalami kesulitan pada soal pendanaan, selain adanya tuntutan refocusing, kita juga mengalami pemotongan anggaran dari Pusat, sehingga kita mendahulukan pendanaan ini pada hal hal yang memang prioritas," ungkap Sekda.

Diakui Sekda Pembenahan pada PDAM Kepahiang, merupakan salah satu program prioritas yang harus untuk dibenahi Pemerintah saat ini, namun dibalik itu sambung Sekda, Pemerintah juga tidak maun untuk tergesa-gesa dalam mengambil langka perbaikan, maka dari itu tahap awal yang dilakukan Pemkab Kepahiang saat ini, merubah PDAM Kepahiang menjadi Perumda.
"Kita fokus dululah melakukan pembenahan internal PDAM, salah satunya yang sekarang ini tengah kami kerjakan melakukan perubahan PDAM menjadi Perumda," sampainya.

Setelah nanti Rancangan Peraturan Daerah pembentukan Perumda dapat disetujui, menjadi Perda Perumda, Sampai Sekda, baru pihaknya akan melakukan pembahasan ulang untuk memberikan penyertaan modal pada Perumda tersebut.
"Kemungkinan untuk sampai dengan APBD 2022, belum akan ada penyertaan modal Pemkab Kepada PDAM, sampai dengan nanti terbentuknya Perumda," tukasnya. (CE7)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: