25 Rumah Dapat Program Rutilahu

25 Rumah Dapat Program Rutilahu

CE ONLINE - Pemerintah kabupaten (Pemkab) Kepahiang, tahun ini mendapatkan program pembangunan rumah tidak layak huni (Rutilahu) dari Kementrian Soaial RI. Dikatakan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Kepahiang Julian Muda Parsah sedikitnya 25 unit Rutilahu tahun ini yang akan dibangun menjadi rumah layak huni.
"Kita mendapatkan program dari Kemensos yang nama programnya Rutilahu, Insya Allah awal Oktober ini, kegiatannya sudah dapat dilaksanakan karena hasil pendataan yang kami lakukan ada 25 rumah yang tahun ini akan dibantu dibangun dengan program itu," ungkap Julian.

Disebutkan Julian, Kenapa hanya 25 unt rumah yang mendapatkan program itu, karena plot progam yang diterima untuk Kabupaten Kepahiang hanya 25 unit. dimana hasil pendataan yang sudah pihaknya lakukan progra ini akan disalurkan ke 2 Kecamatan Kepahiang dan Kecamatan Ujan Mas.
"Maunya kita lebih banyak lagi, agar bisa merata disetiap desa, tapi kita hanya mendapatkan 25 unit saja," ujarnya.

Dijelaskannya, bagi masyarakat penerima manfaat program, diberikan bantuan berupa pembelian material bahan bangunan yang jumlahnya Rp 15 juta per penerima manfaat yang uangnya langsung diberikan kemasing-masing rekening penerima. Sedangkan untuk pengerjaannya dilakukan secara gotong royong.
"Kami hanya melakukan pendataan, yang memutuskan layak atau tidak yang bersangkutan menerima itu langsung diputuskan oleh pemilik program, nanti pengawasannya juga langsung dilakukan oleh Perangkat desa/kelurahan dimana penerima berada," sampainya.

Harapan Julian Program Rutilahu ini akan terus berkelanjutan sehingga kedepan akan banyak lagi rumah rutilahu di Kepahiang akan dibangun menjadi rumah yang layak huni. Adapun wilayah desa dimana penerima program ini bertempat tinggal sambung Julian, dianataranya Desa Pagar Gunung Kecamatan Kepahiang Kepahiang, Cugung lalang dan Desa Suro Lembak Kecamatan Ujan Mas. (CE7)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: