BPBD Ingatlan Waspada Bencana Cuaca Ekstrim

BPBD Ingatlan Waspada Bencana Cuaca Ekstrim

CE ONLINE - Sebagai daerah yang berisiko tinggi terjadinya bencana alam. Pemerintah Kabupaten Kepahiang melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), wajib berperan aktif untuk selalu waspada agar setiap bencana yang terjadi tidak menimbulkan korban jiwa dan kerugian material yang besar dari setiap bencana yang terjadi.

Kepala Pelaksana BPBD Kepahiang Ir. Taufik menegaskan jika tidak ada seorangpun yang dapat memprediksi kapan dan dimana bencana alam akan terjadi, yang bisa dilakukan selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan bencana alam agar tidak Menjadi korban dari bencana alam tersebut.
"8 kecamatan yang ada di Kepahiang ini, semuanya memiliki resiko terjadinya bencana alam, seperti banjir, tanah longsor, pohon tumbang dan angin puting beliung. Dan secara umum kita (Kepahiang, red) termasuk daerah yang rawan dan beresiko tinggi terjadinya bencana alam," sebut Taufik.

Dijelaskannya setiap kecamatan memiliki tingkat resiko bencana yang berbeda seperti yang belakangan ini terjadi di Kecamatan Kabawetan terjadinya angin puting beliung, pohon tumbang di Kecamatan Kepahiang dan Bermani Ilir, Banjir di Kecamatan Ujan Mas dan Seberang Musi, dan beberpa bencana alam lainnya.
"Tapi kita tidak tahu kapan fenomena alam terjadi, akan tetap kerap terjadinya pada musim panca roba saat ini," ujarnya.

Peralihan musin menuju musim penghujan seperti yang terjadi sekarang. Tegas Taufik, kerap cuaca yang tidak menentu dan terkadang ekstrim, yang sangat memungkinkan terjadinya bencana alam yang tidak dapat diduga duga.

Karenanya tambah Taufik, yang harus dilakukan masyarakat pada daerah daerah yang rawan terjadinya bencana alam dalam meningkatkan kewaspadaan sejak dini.
"Karena bencana alam ini todak ada yang bisa memprediksi, untuk menghindari menjadi korban dan kerugian besar yang ditimbulkan, kita harus sama sama meningkatkan kewaspadaan kita, terutama pada wilayah wilayah yang rawan bencana alam, seperti banjir, angin puting beliung, pohon tumbang dan tanah longsor," tutup Taufik (CE7)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: