Kakanwil Kemenag Resmikan Ponpes Darul Ma’arif

Kakanwil Kemenag Resmikan Ponpes Darul Ma’arif

CURUP EKSPRESS ONLINE - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Bengkulu, Dr. H. Zahdi Taher, MH.I lakukan kunjungan kerja sekaligus peresmian Ruang Kelas Belajar (RKB) di Pondok Pesantren Darul Ma'arif NU Kabupaten Rejang Lebong. Yang beralamat di Jalan Irigasi Desa Tanjung Beringin Kecamatan Curup Utara. Acara tersebut berlangsung pada Selasa (2/11) sekira pukul 09.45 WIB.

Kunjungan tersebut dalam rangka kunjungan kerja Kakanwil bersilaturahim kepada para pengasuh Pondok Pesantren Darul Ma'arif serta kepada para santri.

Kakanwil Zahdi Teher mengucapkan terima kasih kepada jajaran pengurus Pondok Pesantren Darul Ma'arif NU serta santri yang telah menyambut kedatangannya dengan ramah dan baik.
"Saya mengucapkan terima kasih sudah menyambut dengan sangat baik dan ramah meski dengan kesederhanaan yang ada," ucapnya.

Dirinya menyampaikan, saat ini Indonesia sudah memiliki Undang-Undang nomor 18 tahun 2019 tentang Pesantren. Dalam undang-undang tersebut disebutkan tiga fungsi utama pesantren, yakni fungsi pendidikan, fungsi dakwah dan fungsi pemberdayaan masyarakat.
"Pada fungsi pertama fungsi pendidikan artinya harus ada lembaga pendidikan. Kedua fungsi dakwah, dimana pesantren tidak hanya mampu memberikan ilmu kepada peserta didiknya, tapi juga kepada masyarakat yang ada sekitar pesantren, berdakwah menyebarkan Islam rahmatan lil'alamin. Ketiga fungsi pemberdayaan masyarakat, yakni mampu memperdayakan SDM yang ada untuk mengembangkan dan meningkatkan kreatifitas," paparnya.

Kakanwil juga berpesan kepada pengurus Pondok Pesantren Darul Ma'arif NU, agar dapat meningkatkan kualitas Informasi Teknologi (IT) di lingkungan ponpes. Mengapa demikian, karena segala macam bantuan dari kementerian termasuk Kemenag semuanya serba online. Maka operator yang ada harus lebih aktif dengan memantau website serta situs-situs pemerintah.
"Di zaman sekarang semua serba digital, artinya operator harus benar-benar melek terhadap IT ini, dengan sering membuka website kementerian agama dan lainnya," pesannya.

Drs. KH. Ngadri Yusro, M.Ag selaku Ketua Yayasan Pondok Pesantren Darul Ma'arif NU mengatakan terima kasih kepada Bapak Dr. H. Zahdi Taher, M.HI yang sudah mengunjungi pondok pesantren serta melakukan peresmian langsung kepada gedung Ruang Kelas Belajar (RKB) yang terdiri dari enam lokal.
"Terima kasih kami ucapkan kepada Kakanwil Provinsi Bengkulu, yang sudah menyempatkan datang, berkunjung ke sini ditengah kesibukannya yang padat. Kami bersyukur dengan kesempatan dan momen ini. Kemudian selamat datang di Pondok Pesantren Darul Ma'arif, juga selamat datang kepada Ketua PWNU Bengkulu, Dr. Dzulkarnain Dali. Nanti juga kami harapkan bapak Kakanwil dapat menandatangani prasasti Ruang Kelas Belajar serta melakukan pemotongan pita," terang Ngadri dalam sambutannya.

Kemudian dirinya mewakili pengurus Pondok Pesantren Darul Ma'arif, mohon maaf dalam hal penyambutannya, karena tentu masih banyak kekurangan ditengah keterbatasan pondok pesantren yang baru berdiri kurang lebih satu tahun itu.
"Oleh karenanya kami mohon maaf dengan kekurangan yang ada, harap maklum saja ponpes kita ini baru berusia satu tahun, jadi ya seperti inilah kondisi yang ada," singkatnya. (CE9/Krn)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: