27 Warga Positif Covid-19 Ditracking

27 Warga Positif Covid-19 Ditracking

CURUP EKSPRESS.COM, REJANG LEBONG - Satuan gugus tugas (Satgas) Covid-19 Rejang Lebong melakukan tracing dan testing ke sejumlah warga. Hal ini dilakukan setelah 27 warga dinyatakan positif terpapar Covid-19 beberapa hari lalu.

Kepala Dinkes Kabupaten Rejang Lebong, Syahfawi, SKM melalui Kasi Imunisasi dan Surveilans, Sutanto, SKM menyampaikan tracing dan testing dilakukan ke sejumlah warga yang tinggal berdekatan dengan pasien positif Covid-19.
"Artinya yang kita tracing adalah mereka tetangga sekitar rumah si pasien," sampainya.

Sekedar informasi, tracing adalah proses untuk mengidentifikasi, menilai dan mengelola orang-orang yang berkontak erat dengan kasus konfirmasi untuk mencegah penularan selanjutnya. Kegiatan ini penting karena kasus konfirmasi dapat menularkan penyakit sejak 2 hari sebelum, hingga 14 hari sesudah timbulnya gejala.

Dilanjutkan, proses tracing sendiri dilakukan dengan cara melacak atau memantau orang-orang yang tinggal berdekatan, pernah menjalin komunikasi dan pernah melakukan kontak fisik dengan pasien Covid-19 sebelumnya.
"Dalam hal ini kita masih menggunakan mekanisme lama," ujarnya.

Menurutnya, ketika upaya ini diterapkan secara sistematis dan berkelanjutan, pelacakan kontak diyakini bisa memutus rantai penularan Covid-19.
"Artinya penularan virus Covid-19 dapat dihentikan," ucapnya.

Disamping itu pihaknya juga selalu menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat tidak terkecuali, agar selalu menjaga Prokes dan jangan sampai lengah. (CE9)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: