Imam Masjid Terpilih Segera ke Bupati

Imam Masjid Terpilih Segera ke Bupati

CURUP EKSPRESS.COM, REJANG LEBONG - Setelah pendaftaran bakal calon (Balon) Imam Masjid Agung Baitul Makmur ditutup pagi kemarin (3/2), Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Rejang Lebong melangsungkan proses penyeleksian terhadap 5 balon Imam yang sudah mendaftar tersebut.

Proses seleksi dilakukan sesuai dengan surat keputusan (SK) Dirjen Bimas Islam nomor 582 tahun 2017 tentang penetapan standar Imam tetap Masjid Dirjen Bimas Islam.
"Sesuai agenda hari ini (kemarin, red) kami melaksanakan proses seleksi calon Imam Masjid Agung yang baru," sampai Kakan Kemenag Rejang Lebong sekaligus Ketua Tim Seleksi, Dr. H. Nopian Gustari, S.Pd I M.Pd I.

Adapun rangkaian seleksi lanjut Kakan, untuk bisa dinyatakan lulus, kelima balon Imam Masjid Agung harus melalui beberapa tahapan. Diantaranya tes membaca Al-Qur'an dengan makhorijul huruf yang benar dan suara merdu, tes hapalan Al-Qur'an minimal 2 juz, tes pengetahuan tentang fikih, hadits dan tafsir.
"Banyak aspek penilaian yang diambil disini. Dan yang bersangkutan harus berpaham Ahlussunah wal jama'ah," bebernya.

Masih dikatakannya, dalam proses penyeleksian tersebut 3 penguji dihadirkan, diantaranya MUI Rejang Lebong, Dewan Masjid Indonesia (DMI) dan Hafidz Qur'an 30 juz, untuk dapat memberikan penilaian terhadap 5 balon Imam tersebut.
"Kita hadirkan orang-orang yg ang memang berkompeten dan ahli di bidangnya," katanya.

Selain itu juga sambungnya, seleksi untuk posisi Khotib dan Bilal pun dilaksanakan pada hari yang sama. Hanya saja rangkaian seleksinya sedikit berbeda sesuai dengan posisi yang diambil.
"Rangkaian seleksi baik Imam, Khotib dan Bilal kita tuntaskan semuanya hari ini (kemarin, red)," ucapnya Kakan.

Ditambahkannya, hasil dari proses seleksi ketiga posisi tersebut akan segera pihaknya laporkan kepada Pimpinan Daerah dalam hal ini Bupati Rejang Lebong melalui Kabag Kesra.

Kakan berharap, siapapun yang terpilih sebagai Imam Masjid Agung Baitul Makmur yang baru, selamat bertugas dan diharapkan juga untuk segera dikukuhkan.
"Saya berharap pada tanggal 11 Februari mendatang calon Imam Masjid yang baru dikukuhkan, karena pada tanggal itu hari terakhir Imam lama menjabat," tandasnya. (CE9)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: