18 Desa Raih Reward DD Rp 241 Juta

18 Desa Raih Reward DD Rp 241 Juta

CURUPEKSPRESS.COM, REJANG LEBONG - Sebanyak 18 desa di wilayah Kabupaten Rejang Lebong mendapat tambahan dana desa (DD) sebesar Rp 241.906.000 dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI. Penghargaan (reward) tersebut diberikan atas dasar kinerja yang baik dalam pengelolaan DD tahun sebelumnya.
"Desa-desa yang kinerjanya baik dalam hal mengelola DD tahun 2021 lalu, dapat penghargaan dari Kemenkeu RI sebesar Rp 241 juta per desa," sampai Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Rejang Lebong, Suradi Rifai, SP M.Si.

18 desa yang dimaksud diantaranya, Desa Derati, Taba Anyar, Sukarami Kecamatan Kota Padang, Sindang Jaya Kecamatan Sindang Kelingi, Kampung Sajad Kecamatan Bermani Ulu, Cawang Lama, Sumber Urip, Karang Jaya, Kali Padang Kecamatan Selupu Rejang, Suka Datang, Lubuk Kembang, Pahlawan Kecamatan Curup Utara, Pungguk Lalang, Air Lanang Kecamatan Curup Selatan, Lubuk Alai Kecamatan Sindang Beliti Ulu, Bengko, Talang Belitar Kecamatan Sindang Dataran dan PAL VIII Kecamatan Bermani Ulu Raya.
"18 desa di atas berhak menerima reward sesuai dengan PMK 190 tahun 2021 tentang reward kinerja desa terbaik dalam pengelolaan DD," ujar Kadis.

Lebih lanjut Kadis menerangkan, anggaran kinerja tersebut dapat digunakan pemerintah desa (Pemdes) untuk membiayai berbagai kegiatan yang telah direncanakan, bisa dalam bentuk kegiatan fisik maupun non fisik.
"Peruntukannya seperti apa, itu terserah masing-masing Pemdes, tentunya untuk menunjang sarana dan prasarana yang ada di desa tersebut," terangnya.

Ditambahkannya bagi desa yang ingin mendapatkan penghargaan serupa, maka kelola DD yang telah dikucurkan pemerintah dengan sebaik mungkin.
"Tentunya juga dengan pelaporan yang lengkap serta dapat dipertanggungjawabkan secara administratif," pungkasnya. (CE9)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: