Empat Desa Belum Miliki BUMDes, PMD Dorong Ada Penyertaan Modal

Empat Desa Belum Miliki BUMDes, PMD Dorong Ada Penyertaan Modal

CURUPEKSPRESS.COM, KEPAHIANG - Diketahui dari 105 desa dalam wilayah Pemerintahan Kabupaten Kepahiang, empat desa diantaranya hingga saat ini belum mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Adapun empat desa tersebut diantaranya Desa Karang Endah Kecamatan Kepahiang, Desa Bayung Kecamatan Seberang Musi, Desa Muara Langkap Kecamatan Bermani Ilir dan Desa Sinar Gunung Kecamatan Tebat Karai.
Disampaikan Kabid Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, Kelembagaan Masyarakat dan Desa DPMD Kepahiang, Frand Avico Jangjaya, SH, belum terbentuknya BUMDes pada 4 desa tersebut, dikarenakan belum adanya penyertaan modal yang diberikan pemerintaha desa (Pemdes) bersangkutan.
"Kami tengah mendorong saat ini semua desa sudah membentuk BUMDes, karena dari 105 desa yang ada diketahui hasil monev kami ada 4 desa yang sama sekali BUMDes nya belum terbentuk," kata Avico.

Masih disampaikan Avico selain mengetahui masih ada desa yang belum membentuk BUMDes, ada beberapa BUMDes yang juga diketahui tidak berkembang, hal ini dikarenakan adanya kesahalan dalam menjalankan usaha yang dilakukan BUMDes bersangkutan.
"Alasannya karena belum ada penyertaan modal," sebutnya.

Karena itu tegas Avico --Frand Avico Jangjaya-- akrab disampa, pihaknya meminta dan mendorong Pemdes untuk segera memberikan penyertaan modal melalui dana dea yang dikelola masing-masing desa.

Selain mendorong 4 desa dimaksud untuk segera mendirikan BUMDes dengan memberikan penyertaan modal, Pihaknya juga tengah melakukan evaluasi terhadap unit usaha yang dijalankab BUMDes di desa-desa lain, dengan tujuan agar usaha yang dijalankan dapat memberikan kemajuan bagi masyarakat dan desa bersangkutan.
"Yang pastinya jangan asal ada usaha, tetapi harus disesuaikan dengan potensi desa, agar BUMDes bersangkutan dapat berkembang," tukasnya. (CE7)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: