Bupati Launching Mesin ADM

Bupati Launching Mesin ADM

CURUPEKSPRESS.COM, REJANG LEBONG - Bupati Rejang Lebong Drs Syamsul Effendi MM melaunching beroperasinya mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) milik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Rejang Lebong pada Rabu (23/2) kemarin.

Launching ADM ini turut dihadiri unsur forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda), Kepala OPD, Camat hingga tamu undangan lainnya.
Kepada wartawan, Bupati menyampaikan launching pengoperasian ADM ini menjadi momentum transformasi pelayanan manual ke sistem pelayanan online.
"Tentu dengan ADM ini mampu mempercepat dan memberikan kemudahan layanan masyarakat khususnya pengurusan dokumen kependudukan," ujar Bupati.

Menurut Bupati, ADM sama halnya mesin ATM. Hanya saja, jika ATM yang keluar uang namun jika ADM keluarnya administrasi kependudukan (Adminduk). Seperti halnya kartu tanda penduduk (KTP) elektronik dan aminduk lainnya.
"Cara menggunakannya, tentu masyarakat harus terdata dulu. Baru bisa menggunakannya," sampainya.

Lanjut Bupati, sejauh ini di Kabupaten Rejang Lebong baru ada 1 mesin ADM yang merupakan bantuan hibah dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Namun tidak menutup kemungkinan, kedepan kata Bupati berharap ada lagi bantuan mesin ADM ini.
"Oleh karena itu, kami minta pihak Dukcapil dapat terus rutin berkoordinasi dengan pemerintah pusat. Mudah-mudahan ada tambahan bantuan lagi untuk Kabupaten Rejang Lebong," katanya.

Sementara itu, Kadis Dukcapil Rejang Lebong Drs Muradi mengungkapkan mesin ADM di Kabupaten Rejang Lebong ini merupakan hibah dan diberikan langsung secara simbolis oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian saat kunjungan kerjanya ke Kabupaten Rejang Lebong beberapa waktu lalu.

Hanya saja, belum dapat dioperasikan karena beberapa kendala teknis salah satunya tidak ada operator yang standby pada alat tersebut.
"Tetapi Alhamdulillah, hari ini (kemarin, red) mesin ADM sudah mulai beroperasi dan dilaunching langsung oleh pak Bupati," tandasnya.

Untuk sementara, penempatan mesin ADM tersebut dipusatkan di Kantor Dukcapil Rejang Lebong. Sehingga dapat memudahkan masyarakat dalam mencetak berbagai macam jenis adminduk. (CE5)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: