Fabio Quartararo pun Puji Performa Honda

Fabio Quartararo pun Puji Performa Honda

CURUP EKPRESS.COM, SPORT – Perubahan besar yang diusung Honda pada motor RC213V sejauh ini terbilang menjanjikan. Pujian tidak hanya datang dari para pembalap Honda sendiri, tapi juga rider rival.
Salah satunya Fabio Quartararo dari Monster Energy Yamaha.
Juara dunia MotoGP 2021 itu menyebut hasil pengamatannya pada dua tes pramusim di Sepang dan Mandalika. Menurut pengamatannya, motor terbaru Honda memiliki kemajuan pesat.
Salah satu indikasinya, para pembalap Honda kini melakukan pengereman lebih sempurna. Saat melakukan sliding di lintasan, motor-motor Honda juga masih bisa dikendalikan dengan baik.
”Aku memang tidak menjajal motornya. Tapi, sepertinya karakter mesin motor mereka kini telah berbeda,” ucap Quartararo seperti dilansir Crash.

Pada tes pramusim hari terakhir di Sirkuit Mandalika (13/2), pembalap Repsol Honda Pol Espargaro keluar sebagai pembalap tercepat. Mantan rider KTM tersebut saat itu membukukan catatan waktu 1 menit 31,06 detik.
Selain Espargaro, tiga pembalap Honda lain juga tampil apik dengan catatan average pace yang stabil. Yakni, Marc Marquez, Alex Marquez, dan Takaaki Nakagami.
Di antara empat pembalap Honda, Alex mencapai top speed terbaik di Mandalika dengan raihan 308,5 km/jam. ”Jika kalian cek, empat pembalap Honda sangat cepat. Motor mereka bekerja dengan cara berbeda kali ini,” kata Quartararo.

Espargaro mengamini ucapan rivalnya. Dia merasa motor terbaru Honda lebih cocok dengan gaya balap aslinya. Musim lalu, di tahun pertama mengendarai RC213V, pembalap 30 tahun itu masih sering mengeluh tentang cengkeraman ban belakang Honda yang kurang maksimal.
Espargaro menyebut masalah itu kini teratasi. Dia juga berani menyebut catatan waktu tercepat yang dibukukan di Mandalika masih bisa diperbaiki.
”Semuanya tampak sangat baik. Kami mendapatkan ritme yang pas. Tapi belum yang terbaik,” ucap Espargaro. ”Saat hari balapan tiba, itu adalah sesuatu yang berbeda. Tapi, kami datang dengan sangat percaya diri,” ujarnya.

Musim lalu adik kandung pembalap Aprillia Aleix Espargaro tersebut hanya menyumbang satu podium untuk Honda. Itu terjadi pada GP Emilia Romagna di Sirkuit Misano. Saat itu dia finis di posisi kedua.
Optimisme juga diusung Marquez.
Juara MotoGP enam kali itu akan come back ke GP Qatar untuk kali pertama sejak 2019 akhir pekan ini di seri pembuka musim 2022. Catatan Marquez selama tes pramusim memang belum maksimal.
Namun, hal itu dilakukan karena memang tidak mau langsung memaksakan diri lantaran baru pulih dari cedera penglihatan ganda atau diplopia yang didapat pada Oktober lalu.
”Sekarang saatnya kembali menikmati balapan. Maksudku bukan hanya menikmati membalap, tapi juga menikmati persaingan di barisan terdepan,” ucap Marquez kepada Crash.

Pada musim kesepuluhnya di MotoGP, Marquez mengakui makin banyak pesaing kuat di sekitarnya. Tapi, target dia sampai saat ini masih sama seperti kali pertama datang ke MotoGP.
”Bertarung untuk gelar juara dunia,” tegas pembalap 29 tahun tersebut. (**/JP)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: