2 Kecamatan Dapat Bantuan Bedah Rumah

2 Kecamatan Dapat Bantuan Bedah Rumah

CURUP EKSPRESS.COM, REJANG LEBONG - Program Bantuan Stimulan Rumah Swadaya (BSRS) atau bedah rumah tahun ini memprioritaskan 2 Kecamatan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. 2 Kecamatan itu diantaranya Kecamatan Curup Utara di Desa Lubuk Kembang dan Curup Selatan di Desa Tanjung Dalam dan Air Lanang.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Rejang Lebong, Drs. Rector Vande Armada melalui Kabid Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim), Luhur Budi Santoso, bahwa kuota yang disiapkan program BSRS itu sebanyak 65 unit.
"BSRS tahun ini menyasar 2 wilayah kecamatan dan sebanyak 65 rumah di wilayah itu akan segara mendapat bantuan bedah rumah," ucapnya.

Lanjut Luhur, adapun anggaran untuk merealisasikan program BSRS tersebut bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) fisik tahun anggaran 2022, dengan total anggaran senilai Rp 1,3 miliar.
"Jadi ini program pemerintah pusat yang dijalankan di daerah kita," ujarnya.

Lanjutnya, jumlah tersebut menurun jika dibandingkan dengan tahun 2021 lalu. Dimana DAK fisik untuk program BSRS di Rejang Lebong senilai Rp 2,8 miliar untuk membangun rumah warga sebanyak 142 unit.
"Dilihat dari angkanya jelas tahun ini menurun bahkan setengahnya," kata Luhur.

Adapun setiap rumah penerima program BSRS, terang Luhur, mendapat bantuan senilai Rp 20 juta. Dengan perincian dalam bentuk bahan material bangunan senilai Rp 17,5 juta dan upah tukang senilai Rp 2,5 juta.
"Pembagian dananya pun sudah diatur pemerintah," ucapnya.

Luhur juga menjelaskan, jika tidak terdapat hambatan, program BSRS tersebut akan mulai berlangsung pada bulan Mei hingga Juni mendatang.
Masih dikatakannya, sistem penyaluran dana bantuan BSRS langsung dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) kepada penerima bantuan melalui rekening. Sambungnya, sehingga setiap penerima bantuan diwajibkan untuk membuka rekening bank, bisa bank nasional ataupun bank daerah.
"Pemda mengarahkan untuk membuka rekening di bank daerah, guna mendorong bank daerah agar lebih berkembang dan maju," tandasnya. (CE9)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: