60 Desa Sudah Cairkan DD/ADD Tahap I

60 Desa Sudah Cairkan DD/ADD Tahap I

CURUPEKSPRESS.COM, KEPAHIANG - Dari 105 desa yang tersebar di 8 Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Kepahiang, diketahui sampai dengan kemarin Selasa (5/4) baru ada 70 desa yang telah mengajukan usulan pencairan dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD) tahap I tahun anggaran 2022. Ini disampaikan Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kepahiang Irwan Alfian.
"Kalau yang sudah mengusulkan ada 70-an, tapi untuk berkas yang sudah disampaikan kami ke BKD itu sudah ada 60 desa dan masih ada 35 desa yang sampai dengan kemarin belum ada berkas yang kami terima," kata Irwan.

Disampaikan Irwan permasalahan masih adanya desa yang belum menyampikan usulan pencairan DD/ADD tahap I TA 2022, mayoritas hampir sama dikarenakan belum rampungnya penyusunan APBDes dan RPJMDes.
"Rata-rata yang belum itu desa dengan pemerintahan baru, yang baru selesai Pilkades 2021 lalu," ujarnya.

Ditanya nama-nama ke 35 desa yang belum menyampaikan usulan pencairan DD/ADD tahap I, Irwan belum bisa menjawab, dengan alasan data tersebut ada pada Kabid yang membidangi.
"Kalau untuk pastinya mungkin bisa langsung ke Kabid saja, desa mana yang sudah dan desa yang belum. Yang pastinya sejauh ini kami masih berharap 35 desa yang belummengajukan utnuk bisa segera menyampaikan uslan ke kami. Karena pencairan DD dan ADD butuh proses dan waktu," imbuhnya.

Irwan juga berharap proses itu bisa disegerakan, mengingat ada kewajiban desa untuk pembayaran bantuan langsung tunai (BLT) serta kewajiban lain desa seperti pembayaran honor dan gaji perangkat desa dan perangkat lainnya.
"Kami hanya bisa menghimbau, semuanya dikembalikan pda desa masing-masing," tukasnya. (CE7)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: