Mumpung Awal Waktu, Pemdes Diminta Segera Cairkan DD/ADD

Mumpung Awal Waktu, Pemdes Diminta Segera Cairkan DD/ADD

CURUPEKSPRESS.COM, REJANG LEBONG - Penyaluran dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD) tahun anggaran 2022 sejak sepekan lalu sudah bisa dicairkan. Disampaikan Ketua Komisi I DPRD Rejang Lebong, Hidayattullah pihaknya mendorong seluruh Pemerintah Desa (Pemdes) di daerah itu untuk segera mencairkan DD/ADD tahap I lebih awal.
"Selagi masih diawal, para Pemdes kita minta untuk segera lakukan pencairan," sampai Hidayatullah.

Dirinya mengatakan, terlebih lagi didalam DD terdapat bantuan langsung tunai (BLT) sebesar 40 persen yang harus segera disalurkan Pemdes kepada keluarga penerima manfaat (KPM) di desanya.
"Bersumber dari PMK 190 tahun 2021 lalu, besaran BLT kini menjadi 40 persen, dan itu jangan ditunda terlalu lama," ujarnya.

Hidayattullah juga menerangkan, apabila Pemdes bergerak lamban dalam menyerap DD khususnya, maka masyarakat juga akan ikut terdampak dan lamban dalam menikmati manfaat dari DD yang telah dianggarkan oleh Pemerintah Pusat kepada desa.

Sambungnya, sebab sekitar 32 persen DD itu dapat digunakan Pemdes untuk pemberdayaan dan juga pembangunan infrastruktur desa.
"Jadi sebisa mungkin untuk dipercepat lagi tahun lalu (2021, red)," tuturnya.

Adapun langkah-langkah yang bisa dilakukan Pemdes lebih awal antara lain, menyusun dan menyelesaikan APBDes sampai diverifikasi kecamatan, kemudian menyiapkan seluruh dokumen wajib untuk pengajuan DD maupun ADD.
"Untuk ADD disana kan berkaitan dengan penghasilan tetap (Siltap) para perangkat desa termasuk Badan Permusyawaratan Desa (BPD)," ucap Hidayattullah.

Politisi PKS itu juga berharap, realisasi penyerapan anggaran DD dan ADD tahun ini akan lebih baik dan maksimal dari tahun-tahun sebelumnya. (CE9)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: