17 Warga RL Terjangkit DBD

17 Warga RL Terjangkit DBD

CURUPEKSPRESS.COM, REJANG LEBONG - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Rejang Lebong menyebut sebanyak 17 warga terjangkit Deman Berdarah Dengue (DBD). Jumlah tersebut hasil rekap bulan Januari hingga Februari 2022 lalu.

Disampaikan Kadinkes Rejang Lebong, Syahfawi, SKM melalui Kabid P2P, Titin Verayensi, SKM, bahwa 17 kasus DBD yang menyerang warga itu berasal dari beberapa puskesmas, diantaranya 8 orang dari Puskesmas Curup, 6 orang dari Puskesmas Talang Rimbo, 2 orang Puskesmas Perumnas dan 1 orang dari Puskesmas Curup Timur.
"Sampai dengan penghujung bulan Februari lalu ada 17 kasus dari 4 puskesmas," ucapnya.

Titin mengatakan, untuk data per Maret lalu belum seluruh puskesmas melaporkan atau menyampaikan data pasien ke Dinkes, sehingga belum dapat dipublikasikan.
"Kita mintanya setiap tanggal 5 masing-masing puskesmas melaporkan, namuan masih ada sebagian lagi yang belum," bebernya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, meski diketahui saat ini sudah mulai memasuki musim kemarau, pihaknya tetap mengimbau agar masyarakat waspada terhadap penyakit DBD. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan masyarakat dirumah agar dapat terhindar dari penyakit tersebut.

Mulai dari menyingkirkan genangan-genangan air yang ada di sekitar rumah, kemudian rutin menguras bak mandi setidaknya satu kali dalam sepekan, lalu jika kedapatan adanya barang bekas untuk segera disingkirkan atau dikubur dan juga menutup setiap wadah yang berisi air.
"Kalau dalam istilah medisnya 3M yakni menguras, menutup dan mengubur," tukasnya. (CE9)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: