17 Desa Sudah Salurkan BLT-DD

17 Desa Sudah Salurkan BLT-DD

CURUPEKSPRESS.COM REJANG LEBONG - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Rejang Lebong menyebut sebanyak 17 desa telah menyalurkan bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD).

BLT-D tersebut disalurkan ke masing-masing Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sampai dengan Kamis (14/4) lalu,
Disampaikan Kadis PMD Rejang Lebong, Suradi Rifai, SP M.Si melalui Tenaga Ahli, Andi bahwa besaran BLT-DD yang disalurkan ke KPM tahun ini sebesar 40 persen dari total anggaran yang dikucurkan.
Ini berdasarkan PMK Nomor 190 Tahun 2021 tentang pengelolaan dana desa.

Selain itu juga ada Perpres Nomor 104 Tahun 2021 yang menekankan bahwa, BLT-DD dianggarkan sebesar paling sedikit minimal 40 persen dari pagu DD yang diterima setiap desa pada tahun 2022.
"Sejauh ini ada 17 desa yang sudah mengantongi DD dan menyalurkan BLT nya ke KPM. Dimana besaran yang disalurkan 40 persen," sampainya.


Andi memaparkan, adapun desa yang sudah menyalurkan BLT-DD tersebut antara lain, Desa Kampung Jeruk, Taba Padang dan Air Apo Kecamatan Binduriang, Desa Warung Pojok, Talang Belitar dan Air Rusa Kecamatan Sindang Dataran, Taba Tinggi Kecamatan Padang Ulak Tanding (PUT), Air Nau, Tanjung Heran dan Jabi Kecamatan Sindang Beliti Ulu (SBU), Pal 100, Bangun Jaya, Tebat Tenong Luar dan Pal VII Kecamatan Bermani Ulu Raya, Suka Karya Kecamatan Sindang Beliti Ilir (SBI), Karang Jaya Kecamatan Selupu Rejang dan Sentral Baru Kecamatan Bermani Ulu.
"Mereka semua juga sudah melaporkan penyaluran itu ke PMD," ucapnya.
Dijelaskannya, data penerima BLT-DD menjadi salah satu syarat yang wajib disiapkan pemerintah desa (Pemdes) dalam pengajuan DD tahap I.
"Makanya kita himbau para Pemdes agar segera melaporkan jumlah KPM di masing-masing desanya," beber Andi.

Sementara itu, desa yang akan menyalurkan BLT-DD kepada KPM pada hari ini ada 6 desa, diantaranya Desa Karang Pinang, Lawang Agung, Tanjung Agung, Apur, Pengambang dan Lubuk Alai.
"Sesuai jadwal keenam desa itu hari ini menyalurkan," tukasnya. (CE9)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: