Armada Kurang, Dua Kecamatan Tak Tersentuh Penanganan Sampah

Armada Kurang, Dua Kecamatan Tak Tersentuh Penanganan Sampah

CURUPEKSPRESS.COM, LEBONG - Kepala Bidang Pengelolaan Sampah, Limbah B3 dan Peningkatan Kapasitas DLH Lebong, Indra Syarifudin, ST. M.E, menyampaikan jika saat ini Kabupaten Lebong masih kekurangan Armada pengangkut sampah. Imbasnya dari 12 Kecamatan yang ada di Kabupaten Lebong, 2 Kecamatan diantaranya sama sekali tidak tersentuh penanganan sampah dari DLH.
"Kurang lebih dari 12 Kecamatan itu hanya 29 persen wilayah Lebong yang bisa tertangani. Sedangkan 2 Kecamatan didalamnya seperti Kecamatan Topos dan Kecamatan Rimbo Pengadang itu pelayanan angkutan sampah tidak bisa terlayani," ucapnya.

Disampaikan Indra, tidak tersentuhnya penanganan sampah yang berada di 2 wilayah Kecamatan di kabupaten Lebong itu dikarenakan armada pengangkut sampah yang dimiliki saat ini masih sangat minim. Dari 4 Armada yang dimiliki hanya 2 unit armada sampah saja yang dapat beroperasi.
"2 unit sisanya itu masih dalam keadaan rusak berat, yaitu 1 jenis amrol dan 1 unit truk," katanya.

Menurut Indra, idealnya untuk mengangkut seluruh sampah yang ada itu dibutuhkan sebanyak 6 unit armada pengangkut sampah.
"Artinya dari 12 Kecamatan itu 1 unit armada bisa beroperasi dalam 2 Kecamatan," sampainya.

Sebelumnya, pihaknya telah mengusulkan pengadaan penambahan 1 unit truk armada pengangkut sampah itu kepada Instansi terkait yaitu Bidang Cipta Karya DPUPR Lebong. Namun hingga saat ini usulan yang diajukan belum juga direalisasikan.
"Kami tidak tau apa yang menjadi kendala Bidang Cipta Karya padahal anggaran Rp. 500 juta untuk pengadaan truk sampah itu sudah di persiapkan. Imbasnya kekurangan armada yang dimiliki saat ini kami tidak bisa mencakup sampah diwilayah Lebong yang cukup luas ini. Alhasil pelayanan yang kami lakukan saat ini belum maksimal," singkatnya. (CE8)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: