Cuaca Esktrim Waspadai Pohon Tumbang

Cuaca Esktrim Waspadai Pohon Tumbang

CURUPEKSPRESS.COM, REJANG LEBONG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) rejang Lebong, mengeluarkan peringatan dini menghadapi cuaca ekstrim yang terjadi saat ini.

Disampaikan Kepala Pelaksana BPBD RL Drs. Salahuddin, M.Si mengingatkan, masyarakat dapat selalu waspada terhadap segala kemungkinan bencana alam yang terjadi dampak dari kondisi tersebut. Terutama mewaspadai terjadinya pohon tumbang yang kerap terjadi belakangan ini.
"Kami hanya bisa menghimbau dan mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai adanya bencana alam, karena tugas utama kami adalah mengevakusi usai terjadinya bencana," ujarnya.

Salahuddin juga menambahkan, cuaca ekstreme yang dikatakannya tersebut berdasarkan data perkiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), yang memperkirakan bahwa cuaca di sebagian besar wilayah Indonesia saat ini masih berpotensi diguyur hujan deras yang disertai angin kencang.
"Data yang kami himpun tersebut dari BMKG langsung, beberapa waktu kedepan masih dimungkinkan terjadinya hujan dan angin," ucapnya.

Sementara itu ditempat terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup (PPKLH) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Rejang Lebong Maharona, S.Ag, MH menyampaikan, bahwa pihaknya sudah mengeluarkan peringatan dini waspada terjadinya bencana alam. Dan meminta masyarakat untuk berhati-hati dan waspada ketika melewati daerah dan atau kawasan yang banyak terdapat pohon-pohon besarnya.

Bahkan mengantisipasi terjadinya pohon tumbang terutama pada wilayah-wilayah padat. Sebut Maharona, pihaknya sudah mewacanakan untuk melakukan pemangkasan dibeberapa titip pohon, yang dinilai pihaknya rawan.
"Dalam waktu dekat ini, kami akan melakukan pemangkasan dan penebangan pohon yang sekiranya dapat membahayakan masyarakat, mengingat cuaca juga tidak bisa ditebak," tukasnya. (CE3)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: