Dosen UNIB Kembangkan Berbagai Minuman Kesehatan Berbahan Dasar Rimpang Alang-Alang

Dosen UNIB Kembangkan Berbagai Minuman Kesehatan Berbahan Dasar Rimpang Alang-Alang

CURUPEKSPRESS.COM, REJANG LEBONG - Dosen UNIB mengembangkan berbagai minuman kesehatan yang diolah dengan bahan dasar rimpang alang-alang. Minuman berbahan dasar rimpang alang-alang tersebut merupakan salah satu produk dari kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) yang mengusung tema “Pemanfaatan Rimpang Alang-alang sebagai Bahan Dasar Minuman Kesehatan di Desa Cawang Lama, Kabupaten Rejang Lebong”.

Kegiatan pengabdian ini dilakukan oleh dua orang dosen Unib yaitu Prof. Ir Nanik Setyowati, M.Sc., Ph.D dan Dr. Ir. Uswatun Nurjanah, M.P. dan dibantu oleh seorang mahasiswa Amudasub Zaulajad pada Sabtu 14 Mei 2022 lalu.

Dalam kesempatan PPM tersebut, Lurah Cawang Lama, Kabupaten Rejang Lebong, Iskak menyambut baik kegiatan ini dan menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada tim dosen UNIB yang telah berkenan untuk berbagi ilmu serta praktek langsung pemanfaatan rumput alang-alang sebagai bahan baku pembuatan minuman kesehatan, dan meminta agar masyarakat untuk benar-benar memperhatikan dan memahami kegiatan tersebut hingga usai. Kades juga berpesan kepada warganya agar mempraktekkan ilmu yang didapatkan di rumah masing-masing.

Penjelasan materi pemanfaatan rimpang alang-alang

Kegiatan diikuti oleh sedikitnya ada 40 peserta dari warga desa Cawang Lama. Melalui program ini, warga desa baik ibu-ibu maupun bapak-bapak dapat melakukan aktivitas lain yang bertujuan untuk menambah penghasilan keluarga antara lain dengan membuat usaha pemanfaatan rimpang alang-alang.

Usaha dalam pembuatan minuman kesehatan yang berbahan baku rimpang alang-alang ini terbilang cukup menjanjikan. Hal ini dikarenakan bahan baku yang digunakan sangatlah mudah ditemukan dan tentunya tidak banyak mengeluarkan banyak modal.

Dalam kondisi iklim yang cukup ekstrem ini membuat minuman kesehatan juga menjadi salah alternatif bagi warga Cawang Lama untuk meningkatkan imun tubuh serta pendapatan tambahan.

Masih banyak manfaat alang-alang bagi kesehatan. Salah satunya, untuk mengobati penyakit gagal ginjal, menghentikan pendarahan, menurunkan hipertensi, dan juga untuk obat akti kanker serta obat cacingan. Selain itu, cara pengolahannya pun cukup mudah. Hanya dengan merebus rimpang alang-alang dengan ditambahkan beberapa bahan tambahan seperti satu batang serai, 3-5 cm jahe, satu batang kayu manis, serta gula merah sudah bisa menghasilakan wedang alang-alang untuk mengobati masuk angin, dan meredakan batuk ataupun pilek.

Diskusi dan praktek pembuatan wedang alang-alang
Peserta menikmati wedang alang-alang

Antusiasme peserta dalam mengikuti kegiatan ini sangat besar hingga banyak tanya jawab yang dilakukan warga terhadap tim UNIB sebagai wujud keingintahuan terhadap materi yang disampaikan. Selain penyampaian materi, juga dilakukan prartik pembuatan wedang alang-alang dan minuman kesehatan lainnya. Tak sedikit warga desa Cawang Lama mengaku akan mempraktikkan membuat minuman kesehatan di rumah berbekal panduan resep yang telah dibagikan.

Rangkaian materi pemanfaatan rimpang alang-alang ini disampaikan oleh tim PPM UNIB yang sudah memiliki pengalaman penelitian dan kegiatan PPM lain yang mumpuni. Dengan adanya program pengabdian ini diharapkan warga desa Cawang Lama bisa memanfaatkan rimpang alang-alang dan dapat menciptakan produk minuman kesehatan khas desa Cawang Lama, sehingga produk tersebut dapat dikenal diseluruh kota. Hal itu juga dapat mengurangi populasi alang-alang yang sangat cepat pertumbuhannya yang menjadi rumput penganggu bagi para petani.

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: