Guru Penggerak Diprioritaskan jadi Kepsek

Guru Penggerak Diprioritaskan jadi Kepsek

DOK/CE Sekdis Deri Effendi--

REJANG LEBONGCURUPEKSPRESS.COM - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten REJANG LEBONG (RL) menyebut mereka yang lolos menjadi guru penggerak, kedepan bakal diprioritaskan untuk diangkat menjadi kepala sekolah (Kepsek).

Dikatakan Kadis Dikbud RL, Rezza Pahklevi SH melalui Sekdis Deri Effendi bahwa hal tersebut berdasarkan Permendikbud RI No. 40 tahun 2021 tetang penugasan guru sebagai Kepsek. 

"Pada Bab II pasal 2 yang menerangkan bahwa salah satu syarat wajib menjadi kepala sekolah adalah harus memilki sertifikat guru penggerak. Artinya guru penggerak juga bakal diprioritaskan untuk diangkat jadi Kepsek,"  ujar Deri.

Menurut Deri, mereka yang ingin menjadi guru penggerak harus berinovasi dan melakukan pendaftaran. Bahkan saat ini, program guru penggerak tengah dalam proses seleksi untuk angkatan ke 7. 

"Karena sebelumnya, sudah ada 25 orang yang lolos sebagai guru penggerak dalam angkatan ke 5," sampainya. 

Ditambahkan Kabid Pembantu Ketenagakerjaan (PTK) Disdikbud RL, Emiliah mengatakan untuk angkatan ke 7 saat ini, sudah ada 32 orang guru di RL telah lolos pada seleksi pertama yakni seleksi berkas sebagai calon guru penggerak angkatan ke - 7.

Hal tersebut berdasarkan surat pengumuman hasil seleksi guru pengerak tahap 1 dari Kementerian pendidikan dan kebudayaan Risert dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI nomor 165/B3/GT.03.15/2022 yang ditetapkan pada 22 Juni 2022.

"Saat ini sebanyak 32 orang guru di REJANG LEBONG telah lolos seleksi berkas pada seleksi guru pengerak angkatan ke - 7 yang nantinya akan mengikuti seleksi simulasi mengajar dan wawancara yang akan dilaksanakan secara online pada 28 Juni hingga 24 Agustus mendatang,"ujar Emiliah. 

Dijelaskan Emiliah jumlah calon guru pengerak yang disebutkannya tersebut merupakan calon guru penggerak yang berasal dari semua satuan pendidikan di kabupaten RL baik itu TK, SD, SMP,SMA,SMK.

Semuanya ada yang mendaftar menjadi calon guru pengerak angkatan ke -7 ini. 

"Yang pastinya kita semua berharap guru yang mendaftar sebagai calon guru pengerak tersebut bisa lulus dan berprestasi," ungkap Emiliah.

Sumber: