Cewek Punya Kumis, Normal Gak Sih?

Cewek Punya Kumis, Normal Gak Sih?

sumber foto: google (diakses 26/08/22)--

CURUPESKPRESS.COM - Siapa diantara kalian para wanita-wanita yang punya kumis tipis? beberapa orang menganggap ini sesuatu yang spesial dan ada juga yang merasa terganggu. Lalu, apa sih penyebab kumis tersebut tumbuh?

BACA JUGA:Kepala Kalian Botak? Apa Penyebab Kepala Botak? Cek Artikel Berikut!

Nah, Seorang wanita bisa tampak lebih berbulu karena faktor genetik atau keturunan. Kemungkinan kondisi ini terjadi karena memiliki keluarga kandung, seperti ibu atau saudari, dengan kondisi serupa.

Selain karena faktor keturunan, munculnya kumis atau banyak tumbuh rambut pada tubuh wanita juga bisa disebabkan oleh tingginya jumlah hormon androgen (testosteron) dalam tubuh.

Hormon testosteron normalnya berjumlah lebih banyak pada pria dan terdapat hanya dalam jumlah sedikit pada tubuh wanita.

BACA JUGA:7 Tips Agar Pria Awet Muda Sekaligus Sehat, Jadi Idaman Banyak Wanita, Yuk Konsumsi Ini!

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan jumlah androgen di dalam tubuh wanita melebihi normalnya, yaitu:

- Sindrom ovarium polikistik atau PCOS (Ini merupakan penyebab umum ketidakseimbangan produksi hormon dalam tubuh wanita)

- Akromegali

- Hiperprolaktinemia

- Gangguan tiroid

- Resistensi insulin

- Sindrom Cushing

- Tumor pada indung telur (ovarium) atau kelenjar adrenal

Mengingat banyaknya penyebab yang bisa melatarbelakangi tumbuhnya kumis pada wanita, maka kondisi tersebut sebaiknya diperiksakan ke dokter.

Untuk mencari tahu penyebabnya, dokter akan menjalankan serangkaian pemeriksaan yang meliputi pemeriksaan fisik dan penunjang, seperti tes darah untuk mengetahui kadar hormon dalam tubuh.

Tak hanya itu, dokter juga mungkin akan melakukan pemeriksaan pencitraan atau radiologi, seperti CT scan, MRI, atau USG, pada ovarium dan kelenjar adrenal untuk mendeteksi apakah terdapat tumor atau kista di organ tersebut.

Sumber: