BMKG : Waspada Badai Kecepatan 14 Knot

BMKG : Waspada Badai Kecepatan 14 Knot

DOK/CE ILUSTRASI--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Lagi-lagi kondisi cuaca yang tidak bisa ditebak akhir-akhir ini cukup mengkhawatirkan.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Provinsi Bengkulu kembali mengingatkan masyarakat, bahwa dalam beberapa hari ke depan berpotensi terjadi hujan badai.

"Kami ingatkan agar selalu waspada kepada masyarakat yang menjalankan aktivitas di luar rumah, karena hujan diperkirakan disertai dengan angin kencang/badai," ucap Prakirawan Cuaca BMKG Provinsi Bengkulu, Harits Syahid Hakim kepada CE.

Dirinya menjelaskan, cuaca secara umum diprakirakan hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

BACA JUGA:BMKG: Waspada Cuaca Buruk Tahun Baru

BACA JUGA:Hanya 1.800 TKS di Rejang Lebong yang Perpanjang Kontrak

Kemudian kondisi angin secara umum diprakirakan bertiup dari Barat menuju Barat Laut dengan kecepatan angin 2 sampai dengan 14 knot.

"Angin itulah yang akhirnya kerap mengiringi hujan yang turun di suatu wilayah," katanya..

Harits melanjutkan, hujan diperkirakan terjadi terus-menerus dengan intensitas yang bervariatif di setiap daerahnya. Yang mana cenderung terjadi di sore hingga malam dan dini hari.

"Namun ada juga sejumlah daerah yang ketika pagi atau siang harinya cerah, tiba-tiba siang atau sore harinya mendadak turun hujan," ungkapnya.

BACA JUGA:Hanya 1.800 TKS di Rejang Lebong yang Perpanjang Kontrak

BACA JUGA:Dihantam Puting Beliung, Atap Rumah Warga Hilang

Ini menurutnya, terdapat sirkulasi siklonik di Samudera Hindia Barat Sumatera, sehingga membentuk konvergensi dan belokan angin di wilayah Sumatera.

Kemudian adanya suplai uap air dari Samudera Hindia ke wilayah Samudera bagian Barat yang signifikan.

Sumber: