Kasus Stunting Mengkhawatirkan, Simak 8 Cara Rejang Lebong Atasi Kasus Ini

Kasus Stunting Mengkhawatirkan, Simak 8 Cara Rejang Lebong Atasi Kasus Ini

IST/CE Sumber foto by google, 11/1/23--

Sebagaimana disampaikan Kadinkes Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni SKM MKes MSi.

"PKK Rejang Lebong ini ya banyak inovasi, bagaimana mereka ini juga telah berinovasi dan menginisiasi kolaborasi penanganan stunting. Salah satunya dengan menggandeng Yayasan Amal Saleh," ujarnya seusai menghadiri kegiatan.

Menurut Herwan, kolaborasi dengan menggandeng Yayasan Amal Saleh tersebut dengan menyiapkan makanan tambahan bagi penderita stunting dengan tujuan dapat menumbuhkan kembali.

Dan tentu sebut Herwan, TP PKK Kabupaten RL bisa jadi contoh bagi daerah lain agar dapat mengikuti hal yang serupa.

"Apalagi, penanganan stunting itu juga menjadi program pemerintah pusat hingga pemerintahan dibawahnya dan tentu perlu dukungan bersama," sampainya.

Sementara itu Ketua TP PKK Rejang Lebong, Ny Hartini Syamsul mengatakan penanganan stunting ini menjadi salah satu fokus  bersama pemerintah dan pihak terkait lainnya.

Dimana stunting ini merupakan masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya.

"Kami menargetkan, tahun 2022 ini tidak ada lagi anak yang stunting dan tentu untuk mendorong itu, sudah barang bentu harus mendapatkan dukungan dari segala pihak," tandasnya.

Selain dengan membuat program kolaborasi tekan angka stunting, Rejang Lebong juga banyak inovasi-inovasi lain guna mencegah angka stunting yang mengkhawatirkan, semua langkah dan inovasi tersebut berhasil CURUP EKSPRESS ONLINE rangkum melalui berita yang telah terbit di wesbite curupekspress.com, berikut informasi kami sajikan untuk pembaca:

1. PKK RL Kampanye Pencegahan Stunting

Memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Curup ke 142. 

Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Rejang Lebong menggelar lomba menu makanan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) pada Senin, 23 Mei 2022.

Kegiatan ini selain menyemarakkan HUT Kota Curup juga dilakukan sebagai salah satu upaya PKK dalam mengkampanyekan pencegahan stunting di Kabupaten RL.

Dikatakan Ketua TP PKK Kabupaten RL, Ny Hartini Syamsul bahwa tujuannya dilaksanakannya kegiatan ini tidak lain untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya konsumsi pangan B2SA.

Sumber: