4 Bandara Paling Berbahaya Di Dunia, Bahkan Ditakuti Oleh Pilot

4 Bandara Paling Berbahaya Di Dunia, Bahkan Ditakuti Oleh Pilot

IST/CE Bandara paling ekstrim di dunia, (foto by google, 25/01/23)--

NASIONAL, CURUPEKSPRESS.COM - Bandara Tenzing Hillary di Nepal yang dikelilingi pegunungan tinggi, memang sedikit menakutkan bagi banyak pilot di dunia.

Tak hanya wilayah, udaranya, bahkan bandara yang terletak di sana pun seakan menjadi momok bagi para pilot untuk melakukan take off dan landing.

Salah satu bandara yang dinobatkan paling berbahaya di dunia adalah bandara Bandara Lukla atau Bandara Tenzing Hillary. Bandara ini di dekat Gunung Everest.

Perlu diketahui, bandara ini merupakan bandara utama bagi siapapun yang ingin berkunjung ke gunung tertinggi dunia.

Bandara Lukla dikelilingi oleh medan pegunungan yang curam, dengan landasan pendek yang bertengger di atas gunung.

Ujung bandara terdapat sebuah gunung raksasa yang siap menghadang, sementara ujung lainnya merupakan jurang curam ke lembah di bawah.

Pada ketinggian ini tentu saja tekanan udara jauh lebih rendah, hal ini berdampak buruk pada jumlah daya yang dihasilkan oleh mesin pesawat.

Sehingga mengurangi daya angkat di dataran tinggi, semakin panjang landasan pacu sebenarnya semakin baik. 

Tetapi, bagi pesawat yang mendarat di Lukla, landasan pacu bandara sangatlah pendek, hanya 526 meter atau setengah kilometer saja.

Sebagai perbandingan, landasan pacu bandara internasional umumnya memiliki panjang lebih dari 3 km.

Karena begitu pendek, landasan ini memiliki kemiringan hampir 12% untuk membantu pesawat berhenti.

Lebih buruk lagi, sangat sedikit peluang untuk melewatkan pendaratan karena pegunungan di sekitarnya, sehingga tidak ada prosedur untuk berkeliling.

Sebuah pesawat mulai mendekat maka ia harus segera mendarat, mengingat hal ini hanya helikopter dan pesawat baling-baling sayap kecil yang diizinkan mendarat.

Kondisi ini diperburuk dengan cuaca di Himalaya yang sangat tidak terduga, kabut, hujan badai, atau salju secara tiba-tiba bisa terjadi kapanpun.

Sumber: