Ini Cara Mengajukan Pengembalian Barang atau Dana di Shopee

Ini Cara Mengajukan Pengembalian Barang atau Dana di Shopee

IST/CE Ini cara pengembalian atau pengajuan dana dan barang di Aplikasi Shopee (sumber foto by google, 03/02/23)--

EKBIS, CURUPEKSPRESS.COM - Sebagai costumer atau pembeli yang berbelanja online melalui aplikasi e-commerce salah satunya Shopee tentunya sering sekali menghadapi masalah ini.

Ya, pengajuan pengembalian barang atau dana terjadi jika ada kesalahan saat bertransaksi yang memang mengharuskan untuk membuat ajuan dari pembeli untuk seller.

Lalu, bagaimana cara untuk mengajukan pengembalian tersebut? Apakah ada syarat pengajuan pengembalian barang di e-commerce Shopee?

Simak artikel berikut untuk membantu keluhan kamu:

  • Kamu dapat mengajukan pengembalian barang/dana dengan memilih menu Dikirim pada tab Saya,
  • Pilih pesanan,
  • Pilih Ajukan Pengembalian,
  • Pilih Status Pengajuan,
  • Pilih semua produk yang diajukan pengembalian, 
  • Pilih Selanjutnya,
  • Pilih Alasan (pilih alasan yang sesuai), 
  • Pilih Konfirmasi, 
  • Upload foto bukti pendukung,
  • Berikan informasi pada kolom Keterangan (jika ada),
  • Pilih Kirim.

 

Pengembalian barang dan dana jika produk yang kamu terima dalam keadaan cacat, produk tidak sesuai atau ada kesalahan produk, produk tidak original produk tidak berfungsi dengan baik, kemudian produk berbeda dengan deskripsi atau foto yang tertera dalam etalase.

Kamu dapat menunggu respons dari Penjual dalam kurun waktu 3 (tiga) hari setelah mengajukan pengembalian. Jika pengajuan disetujui oleh Penjual, maka Anda dapat melakukan pengembalian barang. 

Jika kamu sudah mengajukan pengembalian namun pengajuanmu ditolak maka permasalahan tersebut akan ditindak lanjuti oleh tim Shopee lansung.

Hasil pengajuan Anda akan diinformasikan melalui notifikasi aplikasi Shopee dan email.

Waktu proses pengembalian barang atau dana untuk produk Shopee Mall, pengembalian barang/dana akan diproses dalam 3-5 hari kerja setelah pesanan yang dikembalikan sampai di Gudang Shopee. 

Sedangkan untuk produk Non-Shopee Mall, diproses dalam waktu 7 (tujuh) hari sejak penginputan resi atau maksimal 2 (dua) hari sejak status pengiriman terkirim (jika menggunakan resi dari Shopee). 

Sumber: