Gempa M 5,2 Guncang Jayapura, Sejumlah Bangunan Rusak Hingga Kebakaran

Gempa M 5,2 Guncang Jayapura, Sejumlah Bangunan Rusak Hingga Kebakaran

IST/CE Bangunan rumah di Papua rusak pasca gempa bumi 5.4 SR yang terjadi (Dok. Badan Nasional Penanggulangan Bencana BNPB) sumber foto by kompas.com (09/02/23)--

NASIONAL, CURUPEKSPRESS.COM - Gempa M 5,2 yang mengguncang Jayapura, Provinsi Papua pada Kamis, 9 Februari 2023 sekitar pukul 15.28 WIT menyebabkan sejumlah bangunan disekitarnya rusak, hingga terjadi kebakaran di Rawa Dua Hamadi.

Dwikorita Karnawati selaku Kepala Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan bahwa kekuatan gempa M 5,2 berada pada koordinat 2,5 Lintang Selatan LS dan 140,70 Bujur Timur dengan kedalaman 10 kilometer.

"Gempa ini merupakan gempa bumi dangkal dan terjadi di bagian darat dan tidak berpotensi tsunami," Ungkap Dwikorita pada keterangan pers via Zoom Meeting BMKG yang dilansir dari kompas.com pada Kamis, (09/02/23)

Ditambahkan Dwikorita, dampak dari gempa bumi ini menyebabkan banyaknya bangunan di kota Jayapura yang rusak.

Masih dilansir dari kompas.com, ada beberapa kerusakan bangunan yang terjadi salah satunya rumah warga yang berada di Kelurahan Angasapura, RSUD Dok II, Rumah Makan Cirita Kafe, Gedung Pascasarjana Universitas Cenderawasih, Showroom Toyota Polimak, Showroom Honda Polimak, longsor di Buncend Menara Jaya dan kebakaran di Rawa Dua Hamadi.

Sumber: