Wah, Ternyata Spesies bunga langka di Indonesia Ini Tumbuh di Bengkulu Lho..

Wah, Ternyata Spesies bunga langka di Indonesia Ini Tumbuh di Bengkulu Lho..

IST/CE Spesies bunga langka di Indonesia Ini Tumbuh di Bengkulu--

BENGKULU, CURUPEKSPRESS.COM - Bengkulu merupakan sebuah daerah di Indonesia yang terletak di bagian barat pulau Sumatera. 

Wilayah ini memiliki keindahan alam yang menakjubkan, salah satunya adalah flora langka yang hanya tumbuh di daerah ini. 

Flora langka tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang ingin menjelajahi alam dan menikmati keindahan alam yang masih asri.

Lalu, ada spesies bunga langka apa saja sih yang hidup di Bengkulu? Yuk simak artikel berikut:

1. Bunga Rafflesia

Bunga Rafflesia adalah jenis bunga parasit yang terbesar di dunia dan hanya ditemukan di beberapa wilayah di Asia Tenggara, khususnya di Indonesia, Malaysia, dan Thailand. 

Bunga ini memiliki diameter mencapai satu meter dan dapat mencapai berat hingga 11 kg. 

Bunga Rafflesia tidak memiliki akar, batang, atau daun yang sejati, dan hidup sebagai parasit di akar-akar tanaman inang tertentu, memiliki bentuk dan ukuran yang sangat unik dan menarik perhatian banyak orang. 

Meskipun bunga Rafflesia terlihat indah, namun bunga ini tidak dapat hidup lama di luar lingkungan alaminya dan sulit untuk dibudidayakan. 

Karena itu, bunga Rafflesia juga dilindungi oleh pemerintah sebagai spesies yang terancam punah.

Bunga Rafflesia sering dijumpai dan tumbuh di daerah Kecamatan Kemumu Kabupaten Bengkulu Utara dan kecamatan Taba Penanjung Kabupaten Bengkulu Tengah.

Ada banyak sekali jenis bunga rafflesia yang hidup dibengkulu, seperti:

  • Rafflesia Arnoldi 

Rafflesia arnoldii. Sumber foto: materiipa.com

Sumber: