Wah, Ternyata Spesies bunga langka di Indonesia Ini Tumbuh di Bengkulu Lho..

Wah, Ternyata Spesies bunga langka di Indonesia Ini Tumbuh di Bengkulu Lho..

IST/CE Spesies bunga langka di Indonesia Ini Tumbuh di Bengkulu--

Bunga Rafflesia arnoldii merupakan flora yang tumbuh di habitat hutan tropis Bengkulu. 

Bunga ini pertama kali ditemukan dihutan tropis Bengkulu pada tahun 1818 yang mana terletak tidak jauh dengan Sungai Manna Lubuk Tapi, Kabupaten Bengkulu Selatan.

Ciri-ciri dari bunga ini yaitu memiliki ukuran yang bervariasi, bunga Rafflesia arnoldii dapat mencapai diameter hingga 1 meter dan berat mencapai 11 kilogram, menjadikannya bunga terbesar di dunia.

Kemudian bunga ini memiliki warna merah tua dengan bercak putih di tengahnya dan tidak memiliki daun, batang, atau akar karena hidupnya yang parasit pada akar tumbuhan inang.

Rafflesia arnoldii memiliki umur yang sangat singkat, yaitu hanya sekitar 5-7 hari sebelum layu dan mati. Oleh karena itu, bunga ini dianggap sebagai bunga yang langka dan unik.

Rafflesia arnoldii juga telah ditetapkan sebagai puspa langka dari tiga jenis bunga nasional lainnya, seperti puspa pesona (anggrek bulan atau Phalaenopsis amabilis) dan puspa bangsa (melati putih atau Jasminum sambac).

  • Rafflesia Kemumu

Rafflesia kemumu. Sumber foto: 1.bp.blogspot.com

Rafflesia Kemumu teridentifikasi pada tahun 2017. Bunga jenis ini termasuk dalam spesies tanaman parasit dari genus raflesia. 

Buat kamu yang ingin melihat bunga ini, Rafflesia kemumu dapat ditemukan dengan mekar sempurna di kawasan hutan yang tidak jauh dengan Desa Tebing Kaning, Kabupaten Bengkulu Utara. 

Wilayah hutan tersebut berbatasan langsung dengan Kawasan Hutan Lindung Boven Lais.

  • Rafflesia Hasseltii

Rafflesia hasseltii. Sumber foto: Pinterest.com

Rafflesia Hasseltii sering juga dikenal dengan nama cendawan matahari, kerubut, atau ambai-ambai.

Bentuk dari Rafflesia Hasseltii sedikit berbeda dari kebanyakan karena bunga raflesia jenis ini memiliki flek berwarna putih yang cukup dominan. 

Sumber: