Meski Lebaran, Petugas Damkar Tetap Siaga

Meski Lebaran, Petugas Damkar Tetap Siaga

DOK/CE Armada PBK milik Pemerintah Kabupaten Lebong--

LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Puluhan Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Lebong disiagakan selama 24 jam saat liburan Lebaran tahun ini termasuk menyiapkan armada di setiap posko untuk mengantisipasi daerah rawan kebakaran.

Hal ini disampaikan Kepala Satpol PP Lebong Andrian Aristiawan SH melalui Kabid Kabid Pemadam Kebakaran (Damkar) A Repi S Kom.

“Semua petugas tetap bergiliran masuk seperti biasa dan tetap siaga 24 jam utamanya saat lebaran. Armada juga disiagakan untuk menjaga kemungkinan-kemunkinan yang akan terjadi,” kata Repi.

Selain menyiagakan petugas dan armada, pihaknya juga tetap memnghimbau agar bagi para pemudik yang meninggalkan rumahnya harus mematikan semua arus listrik atau minimal memeriksa semua bagian penting kelistrikan sebelum pulang kampung.

 

“Sebaiknya bagi warga yang ingin mudik, semua peralatan listrik ataupun kabel yang berpotensi menciptakan arus pendek dimatikan atau tidak diaktifkan serta mengecek selur kelistrikan di rumah sebelum pulag ke kampung halaman masing-masing,” ujarnya.

Tidak hanya arus pendek, aktivitas memasak selama malam Idul Fitri 1444 Hijiriah harus diawasi secara seksama jangan meninggalkan kompor ataupun api yang sedang menyala memasak ketupat ataupun masakan lainnya harus diperhatikan baik-baik.

“Biasanya pemicu kebakaran pada arus pendek atau korsleting serta human error atau kelalaian ketika memasak tidak mematikan atau lupa sedang memasak. Ini yang harus diwaspadai dan diperhatikan warga, jangan sampai terjadi lagi musibah saat lebaran nanti,” harapnya. 

Sumber: