SAKRAL! Prosesi Kedurei Agung, Bupati Resmi Buka Festival Budaya Daerah, Peringatan HUT Kota Curup ke 143

SAKRAL! Prosesi Kedurei Agung, Bupati Resmi Buka Festival Budaya Daerah, Peringatan HUT Kota Curup ke 143

IST/CE Prosesi setawar sedingin dalam Kedurei Agung HUT Kota Curup di Lapangan Dwi Tunggal Curup, Kamis kemarin--

CURUP, CURUPEKSPRESS.COM – Festival Budaya daerah dan Prosesi Kedurei Agung menjadi tanda pembukaan rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Curup yang ke 143 tahun 2023.

Bupati Rejang Lebong, Drs H Syamsul Effendi MM, menyampaikan peringatan HUT Kota Curup ini akan berlangsung selama kurang lebih 19 hari terhitung mulai tanggal 10 sampai 29 Mei mendatang yang dipusatkan di Lapangan Dwi Tunggal Curup.

“Dalam pelaksanaan rangkaian kegiatan HUT Kota Curup, Pemkab Rejang Lebong memulai pembukaan dengan Festival Budaya dan Kedurei Agung yang baru saja dilakukan,” sampainya.

BACA JUGA:

Dijelaskan Bupati, pelaksanaan Festival Budaya dan Kedurei Agung merupakan komitmen Pemkab Rejang Lebong dalam menjaga dan melestarikan nilai-nilai seni, budaya dan adat istiadat yang hidup berkembang di tengah-tengah masyarakat.

“Semoga kegiatan kita ini dapat dijadikan sarana dalam kehidupan bermasyarakat dalam menangkal pengaruh-pengaruh negatif budaya luar, selain itu juga bertujuan agar seni budaya Rejang Lebong tidak kehilangan status dan jati diri,” ujarnya.

Sebelum menggelar Prosesi Kedurei Agung, Pemkab Rejang Lebong terlebih dahulu melakukan pawai budaya alias pawai adat yang diikuti oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), 15 kecamatan, sekolah dan perguruan tinggi.

BACA JUGA:

“Seluruh OPD bahkan sekolah ikut memeriahkan pawai adat dengan atribut budaya yang beragam. Dimana rombongan kontingen pawai adat berjalan mulai dari Kelurahan Air Rambai menuju ke Panggung Kehormatan sebagai lokasi finish,” terang Bupati.

Sebut Bupati, ini menunjukkan serta membuktikan bahwa keberagaman ada istiadat di Rejang Lebong tetap erat menjalin persaudaraan.

Kemudian Bupati juga mengajak seluruh lapisan masyarakat Rejang Lebong untuk turut serta meramaikan dan memeriahkan HUT Kota Curup ke 143. Semoga dengan bertambahnya usia Kota Curup tahun ini menjadikan daerah ini semakin Bercahaya.

“Mari bersama-sama kita sukseskan seluruh rangkaian kegiatan yang ada di momentum HUT Kota Curup tahun ini,” tutupnya. 

BACA JUGA:

Sumber: