60 Persen Dana Kelurahan Sudah Diserap, Juli Diharapkan 100 Persen

 60 Persen Dana Kelurahan Sudah Diserap, Juli Diharapkan 100 Persen

Bobby H Santana -dok/ce-

 

CURUPEKSPRESS.COM - Diketahui salah satu program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong yakni Dana Pembinaan Kelurahan (DPK) senilai Rp 100 juta setiap kelurahan.

Kabag Pemerintahan Setda Kabupaten Rejang Lebong, Bobby H Santana mengatakan, hingga saat ini total 34 kelurahan yang ada sudah menyerap anggaran DPK sebesar 60 persen dari bantuan yang disiapkan.

"Sejauh ini masing-masing kelurahan rata-rara sudah menyerap hampir 60 persen bantuan DPK Pemkab Rejang Lebong," ucapnya.

Dijelaskan Bobby, dimana sebelumnya setiap kelurahan telah melakukan perencanaan dan penganggaran terhadap program-program yang akan dilakukan dengan menggunakan DPK tersebut.

BACA JUGA:Dana Kelurahan Rp 352 Juta

Lanjut dia, bahkan terdapat beberapa kelurahan yang telah merealisasikan penggunaan DPK untuk pemberdayaan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di kelurahan masing-masing.

"Ada beberapa yang memang sudah berjalan, seperti di Kelurahan Cawang Baru Kecamatan Curup Timur, dimana mereka sudah mengadakan pelatihan dan melakukan pengadaan mesin jahit untuk warganya," terang Bobby.

BACA JUGA:Camat Diminta Sosialisasikan Dana Kelurahan

Masih dikatakannya, berdasarkan hasil rapat beberapa waktu lalu disepakati bahwa sebelum memasuki bulan Agustus, penyerapan DPK diharapkan sudah mencapai 100 persen.

"Kesepakatan sebelum Agustus ini, semua kelurahan sudah menyerap 100 persen," ujarnya.

Ketika ditanya apakah ada deadline yang diberikan kelurahan dalam menyerap DPK? Bobby menjawab secara khusus tidak ada, hanya saja apabila dana itu cepat terserap maka pemanfaatannya bagi masyarakat juga cepat dirasakan.

Ia menambahkan, penggunaan DPK senilai Rp 100 juta itu yakni untuk pemberdayaan ekonomi kreatif yang ada di masing-masing kelurahan. Misalnya pengadaan/pembuatan budidaya ikan lele, kerajinan tangan dan lainnya sebagainya.

"Yang tujuannya untuk meningkatan dan mengembangkan usaha masyarakat yang memang sudah ada," pungkasnya.

Sumber: