Jenis Rumput Stadion Sepak Bola Yang Jarang Diketahui Orang

Jenis Rumput Stadion Sepak Bola Yang Jarang Diketahui Orang

ILUSTRASI/NET --

SPORT, CURUPEKSPRESS.COMDalam dunia sepak bola, baik di dalam negeri maupun di luar negeri, rumput merupakan salah satu media yang wajib digunakan untuk memainkan bola.

Meski sepak bola bisa dimainkan di mana saja, olahraga resmi tersebut tentu saja harus dimainkan di atas rumput.

Salah satu faktor kenyamanan saat bermain sepak bola adalah lapangan rumput yang nyaman. Pemain sepak bola bisa lebih bebas bergerak di lapangan rumput hijau dan bisa berpengaruh pada laju bola.

Namun, tidak sembarang rumput bisa digunakan untuk lapangan sepak bola

Berikut jenis rumput campuran dan rumput sintetis atau buatanyang paling umum digunakan di stadion sepak bola terbesar di dunia.

 

1. Rumput Manila (Zoysia Matrella)

Rumput manila adalah salah satu jenis rumput yang paling umum digunakan di lapangan sepak bola. Hal ini dikarenakan Rumput manila memiliki daun berwarna hijau lebih gelap dibanding jenis rumput lainnya.

Kaca Manila juga memiliki ketahanan yang sangat baik, dan bola menggelinding dengan lembut. Bentuk rumput manila ini menyerupai daun yang runcing dan bentuknya masif.

BACA JUGA:

 

2. Rumput Bermuda (Cynodon Dactylon)

Bentuk rumput Bermuda hampir mirip dengan rumput Manila, hanya saja kekuatan akarnya sedikit lebih lemah. Saat sepatu pemain sepak bola terus menendang kakinya, akar rumput Bermuda mudah tercabut.

Oleh karena itu, sebagian besar rumput Bermuda biasanya ditanam di lapangan golf. Meski warnanya tidak seintens rumput Manila, rumput Bermuda jauh lebih mudah dirawat.

Sumber: