Awas! Jangan Sampai Kena Stroke di Usia Muda, Kenali Gejalanya Sejak Dini

Awas! Jangan Sampai Kena Stroke di Usia Muda, Kenali Gejalanya Sejak Dini

ILUSTRASI/NET --

NASIONAL, CURUPEKSPRESS.COMStroke adalah disfungsi otak yang terjadi secara tiba-tiba dan menyebabkan tanda dan gejala klinis berlangsung lebih dari 24 jam. Stroke terjadi ketika suplai darah ke otak terputus atau berkurang.

Penyebabnya dapat dibagi menjadi dua kategori: penyumbatan, yang dikenal sebagai stroke iskemik, dan pecahnya pembuluh darah, yang dikenal sebagai stroke hemoragik.

Dua belas persen stroke disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah, sedangkan 86% sisanya disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah.

Gaya hidup orang modern yang sibuk dan penuh tekanan memiliki dampak yang lebih besar atau lebih kecil terhadap kejadian stroke.

 

Hipertensi atauTekanan darah tinggi yang tidak diobati dapat mempengaruhi pembuluh darah dan menyebabkan penyakit jantung dan stroke. 

 

Tingginya kadar kolesterol jahat (low-density lipoprotein/LDL) dalam darah dapat menyebabkan terbentuknya plak di pembuluh darah otak. Ketika plak menyumbat pembuluh darah, pembuluh darah menjadi tersumbat atau menyempit, yang dikenal dengan aterosklerosis.

Jika tidak ditangani, kondisi ini mengganggu suplai oksigen dan nutrisi ke otak sehingga meningkatkan risiko stroke.

 

  • Kurang Olahraga

kata dokter. Selain itu, kurangnya olahraga di usia muda dapat menyebabkan penyakit kronis seperti stroke dan diabetes. Sebaliknya, olahraga teratur dapat mengurangi risiko penyakit.

Ini karena olahraga meningkatkan kolesterol baik (HDL), menurunkan kolesterol jahat (LDL), meningkatkan sirkulasi darah, dan menurunkan kadar lemak dalam tubuh.

BACA JUGA:

 

Sumber: