Bupati Sampaikan Pesan Bagi Elemen Pemilu, Etika Berpolitik Harus Dijaga

Bupati Sampaikan Pesan Bagi Elemen Pemilu, Etika Berpolitik Harus Dijaga

Syamsul Effendi --

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Kurang lebih setahun lagi, pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024 akan tiba.

Sejumlah pesan diutarakan Bupati Rejang Lebong, Drs Syamsul Effendi MM terhadap insan-insan yang memiliki peran penting dalam Pemilu tersebut.

Bupati mengatakan, dengan terselenggaranya kegiatan sosialisasi pendidikan politik beberapa oleh Kesbangpol Rejang Lebong, diharapkan para peserta dapat memperoleh bahan materi serta ilmu pengetahuan sebelum proses Pemilu 2024 itu tiba.

"Paling tidak satu langkah kita sudah memiliki bahan ataupun bekal di dalam kita menyelenggarakan pesta demokrasi ini, melalui pendidikan politik," sampainya.

BACA JUGA:

Sambung Bupati, tidak mungkin artinya dalam melaksanakan pesta demokrasi penyelenggara atau yang terlibat secara langsung dalam agenda besar itu tidak memiliki dasar ataupun payung hukum.

"Mudah-mudahan artinya dengan seperti ini, pak camat tahu tugasnya apa, kades/lurah tugasnya apa, KPPS, KPU, Panwas, termasuk juga Dukcapil tugas dan tanggung jawabnya apa. Artinya masing-masing nanti bisa mengetahui tugas dan fungsi mereka," jelasnya.

Bupati menyampaikan pesan penting dalam kegiatan sosialisasi pendidikan politik ini, kepada para peserta diminta untuk gunakanlah pribadi dan etika yang baik serta positif dalam pelaksanaan pesta demokrasi yang akan terselenggara dalam waktu yang tidak lama lagi ini.

"Yang terpenting adalah jaga etika berpolitik yang baik, kemudian tunjukkan pribadi yang sopan dan santun," pesan Bupati.

Selain itu Bupati juga menjelaskan, bagi masyarakat Rejang Lebong yang sudah menginjak usia 17 tahun wajib untuk mendapatkan hak suara alias hak pilih.

BACA JUGA:

"Jangan sampai tidak menggunakan hal suara, karena satu suara itu akan menentukan. Dengan hak suara/pilih itu tadi akhirnya akan memunculkan anggota DPR yang dicita-citakan oleh masyarakat. Lalu ada pemilihan lanjutan, mulai dari pemilihan Presiden/Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, Gubernur/Wakil Gubernur, Wali Kota/Wakil, Bupati/Wakil, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/kota," bebernya.

Terpisah, Kepala Badan Kesbangpol Rejang Lebong, Zulfan Effendi SE menambahkan, adapun peserta dalam kegiatan tersebut antara lain dihadiri oleh camat dari 4 wilayah kecamatan, lurah, kades, kader partai politik dan organisasi masyarakat (Ormas) di Kabupaten Rejang Lebong.

"Yang menjadi target sasaran sosialisasi pendidikan politik ini tentu orang-orang yang berkaitan langsung dengan Pemilu 2024 mendatang," tukasnya. 

Sumber: