Inilah Alasan Mengapa Tak Dianjurkan Minum Kopi saat Perut Kosong

Inilah Alasan Mengapa Tak Dianjurkan Minum Kopi saat Perut Kosong

Segelas kopi hitam. -red/ce-

KESEHATAN, CURUPEKSPRESS.COM - Jika tidak minum kopi, tidak akan lengkap. Nyatanya, beberapa orang memilih kopi sebagai pengganti roti dan sereal untuk sarapan.

Minum kopi saat perut kosong tidak dianjurkan karena dapat berdampak negatif pada kesehatan Anda. Beberapa alasan mengapa ini tidak dianjurkan antara lain:

 

Iritasi Lambung: 

Kopi mengandung asam klorogenat dan kafein yang dapat merangsang produksi asam lambung. Saat perut kosong, jumlah asam lambung cenderung lebih tinggi, dan minum kopi dapat meningkatkan risiko iritasi lambung, gastritis, atau refluks asam.

 

Gangguan Pencernaan: 

Minum kopi saat perut kosong dapat mengganggu proses pencernaan karena zat-zat dalam kopi dapat merangsang produksi asam lambung yang berlebihan. Ini bisa menyebabkan masalah seperti mules, kembung, dan diare.

 

Gangguan Absorpsi Nutrisi: 

Kafein dalam kopi dapat mengganggu penyerapan beberapa mineral penting seperti kalsium, besi, dan magnesium. Jika Anda minum kopi saat perut kosong, ini dapat memengaruhi kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi dengan efektif.

 

Peningkatan Risiko Ketergantungan: 

Minum kopi pada saat perut kosong dapat meningkatkan risiko ketergantungan terhadap kafein. Ketergantungan terhadap kafein dapat mengakibatkan gangguan tidur, sakit kepala, dan gejala lainnya jika Anda tidak minum kopi.

Sumber: