Mengenal Apa Itu Skizofrenia dan Bipolar, Beserta Gejalanya

Mengenal Apa Itu Skizofrenia dan Bipolar, Beserta Gejalanya

ILUSTRASI/NET--

HEALTH, CURUPEKSPRESS.COM - Skizofrenia dan bipolar merupakan salah satu gangguan mental, yang dimana gangguan mental ini adalah gangguan mental jangka panjang.

Skizofrenia

Skizofrenia adalah gangguan mental yang cukup serius, di mana penderitanya mengalami kesulitan dalam membedakan khayalan dan realita. Kondisi ini umumnya ditandai dengan perilaku abnormal, seperti delusi dan halusinasi, sehingga tak jarang penderitanya dianggap “gila”.

 

Skizofrenia adalah masalah kesehatan jangka panjang yang memerlukan perawatan berkelanjutan. Artinya, penderita skizofrenia perlu menjalani perawatan seumur hidup untuk mengontrol gejala, mencegah komplikasi, dan membantu mereka dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

 

1.Penyebab

Hingga saat ini, ahli belum dapat memastikan apa yang menjadi penyebab pasti dari skizofrenia. Meski begitu, ada beberapa kondisi yang memiliki kaitan dengan masalah kesehatan mental ini, yaitu: 

 

  • Genetik

Keturunan dari seseorang dengan kondisi skizofrenia memiliki risiko 10% lebih tinggi untuk mengalami kondisi serupa.

Risiko tersebut meningkat hingga 40% ketika kedua orang tua sama-sama mengalami kelainan mental ini. Sementara itu, anak kembar yang salah satunya mengidap skizofrenia akan memiliki risiko hingga 50% lebih besar.

 

  • Perbedaan Struktur Otak

 Meski tidak diketahui secara pasti apa penyebab skizofrenia, namun terdapat dugaan bahwa gangguan kejiwaan ini berkaitan dengan perbedaan struktur otak.

 

  • Masalah Keseimbangan Kimia di Otak

Sumber: