Mengenal Apa Itu MBTI, 16 Kepribadian Manusia

Mengenal Apa Itu MBTI, 16 Kepribadian Manusia

ILUSTRASI/NET --

NASIONAL, CURUPEKSPRESS.COMMBTI  (Myers-Briggs Type Indicator) adalah salah satu tes kepribadian yang bisa membantu seseorang mengenal diri sendiri. Tes psikologi satu ini tidak hanya berguna untuk mengenali kepribadian, namun juga dapat mengidentifikasi kekuatan dan preferensi seseorang.

 

Ada 16 kepribadian manusia yang terindetifikasi dalam MBTI, yaitu :

 

1. ISTJ

ISTJ memiliki kepribadian yang tenang, serius, meraih kesuksesan dari ketelitiannya, dapat diandalkan, praktikal, mengutamakan fakta, realistis, dan bertanggung jawab. Mereka cenderung memutuskan sesuatu dengan logis, disiplin dalam mengatur waktu, terorganisir dalam hidup dan juga tatanan rumah.

 

2. ISFJ

Seseorang yang memiliki kepribadian ISFJ biasanya ramah, tenang, bertanggung jawab, dan teliti. Mereka cenderung loyal, perhatian, mengerti dan ingat kepada seseorang yang terpenting bagi mereka, dan peduli akan perasaan orang lain.

 

3. INFJ

INFJ umumnya berkepribadian teliti dan menaati nilai-nilai yang dipercaya oleh perusahaan. Mereka memiliki pandangan yang jelas dan bisa mengatur pandangan tersebut dengan baik, senang untuk belajar mengerti apa yang memotivasi orang dan ingin memotivasi orang tersebut.

 

4. INTJ

Sumber: