Ini Perbedaan 3 Jenis KUR BRI, Penting Kamu Ketahui Sebelum Mengajukan

Ini Perbedaan 3 Jenis KUR BRI, Penting Kamu Ketahui Sebelum Mengajukan

IST/CE Screenshot laman bri.co.id/kur--

EKBIS, CURUPEKSPRESS.COM - Penting kamu ketahui jika kamu ingin mengajukan Kredit Usaha Rakyat (KUR) BRI tahun 2023. Dimana dalam KUR BRI, terbagi 3 jenis yaitu KUR BRI Super Mikro, KUR Mikro, dan KUR Kecil.

Di sisi lain, sebelum kamu memutuskan untuk mengajukan KUR, penting untuk ketahui dan memahami perbedaan di antara ketiganya. Terutama bagi pelaku usaha khususnya pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), yang mungkin masih bingung atau kesulitan dalam membedakan ketiganya.

Pasalnya, ketiga jenis KUR ini memiliki kategori yang berbeda-beda dengan fungsi dan jumlah plafon yang ditawarkan yang juga berbeda. Plafon pinjaman dapat dimulai dari Rp10 juta, Rp50 juta, bahkan hingga Rp500 juta. Ini tergantung pada jenis KUR yang Anda pilih. Selain itu, perbedaan lainnya terletak pada jangka waktu pinjaman, baik untuk modal kerja maupun investasi, yang berbeda-beda sesuai dengan jenis KUR yang kamu pilih.

BACA JUGA:Ajukan Pinjaman KUR BRI Rp 100 Juta Lewat Online, Begini Syarat dan Angsurannya Perbulan

BACA JUGA:Cek Aturan Terbaru Soal Bunga KUR BRI Tahun 2023

Artikel ini akan mengulas perbedaan detail antara KUR Super Mikro, Mikro, dan KUR Kecil, sebagaimana yang diinformasikan di laman resmi bri.co.id.

KUR Super Mikro

KUR Super Mikro memungkinkan akses hingga batas limit sebesar Rp10 juta per nasabah dengan durasi pinjaman sebagai berikut: Maksimum 3 tahun untuk kredit modal kerja dan maksimum 5 tahun untuk kredit investasi. Kedua jenis KUR ini dapat diperoleh dengan tingkat bunga sebesar 3 persen per tahun.

KUR Mikro

KUR Mikro disediakan untuk nasabah dengan batas limit pinjaman mulai dari Rp10 juta hingga maksimal Rp50 juta. Durasi pinjaman untuk KUR Mikro adalah maksimal 3 tahun untuk kredit modal kerja dan maksimal 5 tahun untuk kredit investasi.

BACA JUGA:KUR BRI Ditolak, Ini Solusinya.. Pencairan Hingga Ratusan Juta

BACA JUGA:Ajukan KUR BRI Rp 200 Juta untuk Modal Usaha, Begini Syarat dan Ketentuannya

Yang menarik, tingkat suku bunga KUR Mikro bervariasi tergantung pada seberapa banyak KUR yang telah diterima oleh peminjam:

1. Bagi penerima KUR pertama kali, suku bunganya adalah 6 persen efektif per tahun.

Sumber: