Cara Membangun Desa Agar Bisa Mandiri

Cara Membangun Desa Agar Bisa Mandiri

Bupati saat melaksanakan launching perdana MT II di Desa Magelang Baru.-Dok/ce-

NASIONAL,CURUPEKSPRESS - Desa mandiri merupakan sebuah desa yang tidak bergantung pada pemerintah, baik itu pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Desa memiliki kewenangan dalam hal administrasi dan juga keuangan dimana nanti akan lebih memaksimalkan perekonomian masyarakat yang ada di desa itu.

Roda perekonomian terjadi di dalam desa tersebut sehingga bisa semakin membantu masyarakat untuk lebih hidup sejahterah

 

Dari berbagai sumber, sahabat curup ekspress, kami sudah merangkum beberapa informasi penting yang bisa anda jadikan sebagai bahan referensi untuk mewujudkan sebuah desa mandiri.

 

1. Profesional

 

Ketika desa tersebut memutuskan untuk menjadi sebuah desa mandiri, maka elemen dasar yang dibutuhkan adalah menjadikan warganya masyarakat yang profesional.

BACA JUGA: Stretegi Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Daya Tarik Desa Wisata

Langkah tersebut harus dimulai dari perangkat desa itu sendiri dimana perangkat desa yang memiliki peran penting untuk membantu terlaksananya impian bersama.

Untuk itu, ketika hendak memimpin dan mengangkat perangkat desa, maka yang harus dilakukan adalah dengan benar-benar memilih seseorang yang memang kemampuannya sesuai dengan jabatan yang diemban.

Seorang Kepala Desa harus benar-benar dipilih berdasarkan pengalaman dan rekam jejaknya. Jangan sampai salah memilih Kepala Desa karena dia merupakan pemimpin yang akan menentukan arah desa tersebut mau seperti apa.

 

Sumber: